( )

Wajah Ismail Marzuki Sang Maestro Musik Indonesia Muncul di Google Doodle Di Hari Ini Peringati Hari Pahlawan

10 November 2021 13:38 WIB

SonoraBangka.Id - Google Doodle ikut memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada hari ini Rabu, 10 November 2021. Di Hari Pahlawan tahun ini, Google Doodle menampilkan wajah Ismail Marzuki, maestro musik Indonesia. Ismail Marzuki dikenang sebagai pahlawan nasional Indonesia. Namanya telah diabadikan di sebuah taman di Jakarta yakni Taman Ismail Marzuki (TIM).

Ia merupakan komposer dari lagu-lagu patriotik Tanah Air seperti Indonesia Pusaka, Gugur Bunga, Halo Halo Bandung, dan Rayuan Pulau Kelapa.

Ismail Marzuki dan Musik

Ismail Marzuki lahir di Kwitang, Jakarta Pusat pada 11 Mei 1914. Ia wafat pada 25 Mei 1958 di usianya yang menginjak 44 tahun.

Ayah jadi sosok yang memperkenalkan musik pada Ismail Marzuki. Marzuki kecil selau menghabiskan waktu lima jam dalam satu hari untuk belajar bermain alat musik. Di antaranya harmonika, mandolin, gitar, ukulele, biola, akordeon, saksofon, dan piano.

Menginjak usia 17 tahun, Ismail Marzuki mulai menciptakan lagu pertamanya.

Kemampuan Ismail Marzuki berkembang menjadi penyanyi, penyair lagu, dan mengarang lagu-lagu. Ini merupakan pengaruh dari bergabungnya Ismail Marzuki dengan perkumpulan musik Lief Java pada 1923.

Ketertarikan Ismail Marzuki pada musik tidak terbatas genre, banyak lagu daerah yang ia jadikan inspirasi karya-karyanya. Kini karya-karya Ismail Marzuki dikenang abadi oleh rakyat Indonesia. Lagu-lagu terbaiknya membawa Ismail Marzuki resmi dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional pada 2004.

Di Hari Pahlawan 2021 wajah Ismail Marzuki diiliustrasikan oleh seniman Ykha Amlez yang kemudian ditampilkan di Googel Doodle.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Peringati Hari Pahlawan, Wajah Ismail Marzuki Sang Maestro Musik Indonesia Muncul di Google Doodle Hari Ini", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2021/11/10/085213866/peringati-hari-pahlawan-wajah-ismail-marzuki-sang-maestro-musik-indonesia?page=2.
Penulis : Fitri Nursaniyah
Editor : Fitri Nursaniyah

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3hXWJ0L

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm