Ilustrasi penjualan mobil. (ISTIMEWA)
Ilustrasi penjualan mobil. (ISTIMEWA) ( kompas.com)

Rasio Kepemilikan Kendaraan Bermotor Yang Ada di Indonesia Masih Rendah

11 November 2021 19:50 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan industri otomotif nasional mempunyai peluang untuk terus bertumbuh karena memiliki potensi besar dengan rasio kepemilikan kendaraan yang masih rendah.

Pada kendaraan roda empat misalnya, rasio kepemilikan baru berada pada level 9 banding 100 orang. Sementara pada negara sekitarnya atau ASEAN, sudah cukup tinggi seperti Thailand.

"Rasio kepemilikan kendaraan motor di Indonesia masih rendah. Jika kami bicara kepemilikan pada roda empat rasio itu kepemilikannya itu 9 banding 100 orang, masih sangat kecil dan sedikit," katanya, Selasa (9/11/2021).

Sementara untuk rasio kepemilikan kendaraan roda dua di Indonesia, lanjut Agus, perbandingannya 1 dibanding 6. Sehingga peluang untuk berbisnis di Tanah Air masih terbuka luas.

"Ini merupakan hal yang baik bagi para produsen otomotif, dan masih memiliki potensi yang besar untuk mengisi pasar yang masih kosong," kata dia.

Pertumbuhan penjualan motor juga didukung penyataan Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI) yang memprediksi adanya pertumbuhan di pasar domestik pada tahun 2022, dari 4,6 juta unit pada tahun ini, menjadi 5,1 juta hingga 5,4 juta unit.

Ketua Bidang Komersial AISI, Sigit Kumala mengatakan potensi peningkatan penjualan motor untuk tahun depan terlihat dari realisasi penjualan sampai September tahun ini yang sudah mencapai 3.761.407 unit, tumbuh hampir 31 persen dibandingkan periode sama tahun lalu..

"Sebelumnya kami prediksi 4,3 juta-4,6 juta unit. Kami harapkan tren positif itu berlanjut ke tahun depan yang kami prediksi akan tumbuh 2 persen sampai 8 persen atau 5,1 juta-5,4 juta unit," kata Sigit.

Sedangkan untuk penjualan mobil, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mematok target penjualan sebanyak 750.000 unit mobil baru pada tahun ini.

Didukung kebijakan Relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP), Gaikindo optimistis target penjualan dapat terpenuhi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Rasio Kepemilikan Kendaraan Bermotor di Indonesia Masih Rendah", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/11/11/154100515/rasio-kepemilikan-kendaraan-bermotor-di-indonesia-masih-rendah.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm