Squid Game
Squid Game ( )

Meski Dilarang, Warga Korea Utara Diam-Diam Nonton 'Squid Game' karena Merasa Relate Banget sama Kehidupan Mereka

18 November 2021 12:21 WIB

SonoraBangka.ID -  Demam 'Squid Game' terbukti merambah seluruh belahan dunia, nggak terkecuali Korea Utara, negara yang dikenal dengan sikap anti-nya terhadap segala hal yang berbau Korea Selatan.

Warga Korea Utara secara menonton diam-diam serial yang ditayangkan via Netflix tersebut karena merasa sangat relate dengan situasi yang mereka alami saat ini.

Di bawah pemerintahan Kim Jong Un, negara penganut ideologi Juche itu memang kerap menyensor dan memblokir film dari Barat maupun tetangganya sendiri, Korea Selatan.

Aturan itu pun diterapkan dengan sangat ketat. Mereka yang kedapatan menyelundupkannya terancam mendapat hukuman mati.

Meski begitu, larangan tersebut nggak menyurutkan animo warga Korea Utara untuk menonton serial Squid Game yang diselundupkan.

Seorang warga di Pyongsong menuturkan, serial yang dirilis oleh Netflix itu diselundupkan melalui USB maupun SD card dari kapal.

Kepada Radio Free Asia, warga tersebut mengungkapkan tertarik menonton drama besutan Hwang Dong Hyuk itu karena mirip kondisi yang mereka alami.

Mereka merasa drama itu sama dengan para pejabat Korea Utara yang terus mengincar uang meski taruhannya nyawa.

 

"Para pejabat itu tahu, mereka akan dieksekusi dan dijadikan contoh oleh pemerintah jika dianggap terlalu menghasilkan banyak uang," ujar salah seorang warga yang nggak disebutkan namanya tersebut, seperti dikutip Daily Mirror.

Namun, ia menambahkan, ancaman itu nggak mereka gubris dan mereka terus mengeruk keuntungan sebanyak mungkin.

Serial yang tayang pada September lalu itu nggak hanya dianggap mencerminkan situasi yang dialami warga kaya, tapi juga generasi muda di Pyongyang. Pasalnya, warga muda ibu kota selalu tertarik dengan adegan kekerasan.

Selain itu, salah satu karakternya, Kang Sae Byeok, juga menarik perhatian. Kang Sae Byeok, yang dibintangi Ho Yeon-jung adalah seorang pembelot yang berniat membawa adiknya pulang kembali ke negara tertutup tersebut.

Sumber tersebut melanjutkan, warga diam-diam menonton Squid Game pada malam hari. Di bawah selimut, mereka menonton Squid Game lewat portabel player.

Sementara sumber kedua mengatakan, kisah dalam Squid Game dinilai sangat relevan dengan kehidupan mereka. Para penyelundup yang membawa drama tersebut ke negara mereka sambil mempertaruhkan nyawa merasa kisahnya cocok dengan mereka. (*)

SumberHAI Online
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm