Jalanan untuk akses penonton ke tribun Sirkuit Mandalika dipenuhi lumpur setelah diguyur hujan deras.(Kompas.com/Donny)
Jalanan untuk akses penonton ke tribun Sirkuit Mandalika dipenuhi lumpur setelah diguyur hujan deras.(Kompas.com/Donny) ( kompas.com)

Keluh Kesah Penonton Pada Sirkuit Mandalika

22 November 2021 22:58 WIB

SONORABANGKA.ID - Jalannya Gelaran Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2021 dan World Superbike (WorldSBK) 2021 disambut baik oleh masyarakat. Sayangnya, banyak yang berpendapat sirkuit tersebut belum sepenuhnya memadai.

Pembangunan Sirkuit Mandalika termasuk cepat. Bahkan, tak sedikit yang mengatakan waktu penyelenggaraannya cukup mepet.

Berikut ini beberapa keluh kesah penonton yang menjadi kekurangan pada Sirkuit Mandalika:

1. Tidak Semua Tribun Memiliki Atap

Jalannya acara sempat diwarnai dengan hujan deras. Bahkan, saking derasnya, jalannya balapan sempat ditunda untuk beberapa kelas.

Ikbal, salah satu penonton asal Jakarta, mengatakan, sangat menyayangkan tribun penonton atau grandstand yang memiliki atap hanya ada di seberang paddock saja.

"Tribun yang ada atapnya yang di bagian trek lurus saja, yang harga tiketnya lumayan mahal. Jadi, untuk yang di tribun lain kasihan juga kepanasan dan kehujanan," ujar Ikbal, kepada Kompas.com, belum lama ini.

2. Tidak Ada Layar Besar di Depan Tribun

Pada IATC 2021 dan WorldSBK 2021 ini, pihak Mandalika Grand Prix Association (MGPA) tidak menyediakan layar besar di depan tribun. Sehingga, penonton yang datang langsung tidak bisa mengikuti jalannya balapan.

"Sayang sekali ya, motornya lewat depan kita hanya beberapa detik saja. Kita tidak tahu kapan salip menyalipnya. Kalau di Sepang atau sirkuit lain kan disediakan," kata Zahra, penonton asal Jakarta.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm