BTS
BTS ( )

Nggak Mudah buat Go International, RM BTS: Serasa Ada 'Dinding' Penghalang

1 Desember 2021 08:46 WIB

SonoraBangka.IDBTS baru-baru ini blakblakan ngobrol soal kebencian terhadap warga Asia atau Asian hate yang jadi isu global dalam beberapa tahun terakhir ini, termasuk dalam industri musik dunia.

Kepada Teen Vogue, boyband asal Korea Selatan tersebut menanggapi maraknya Asian hate yang terjadi, termasuk kepada mereka sendiri. Menurut  RM, leader BTS, jalan mereka menembus pasar global bisa dikatakan penuh kerikil.

“Gue nggak lahir dan besar di luar negeri, tapi sebagai orang Asia, beberapa tahun terakhir, (dalam) perjalanan kami mengelilingi dunia, kami sangat merasa ada dinding-dinding penghalang,” ujarnya kepada Teen Vogue seusai konser Permission To Dance On Stage mereka di Los Angeles, Amerika Serikat.

Perjalanan yang ia maksud dalam pernyataan tersebut adalah khususnya soal awards dan musik mereka. 

Sementara itu personal lain, Suga mengungkapkan hal serupa. Ia berpendapat, masuk atau bahkan memenangkan nominasi bahkan menjadi hal yang nggak mudah bagi mereka.

 

“Dinominasikan untuk Grammy bukanlah hal mudah, memenangkan Grammy (juga) bukanlah hal yang mudah,” timpal Suga.

Meski begitu, di sisi lain ia justru mensyukuri segala halangan yang mereka hadapi.

“Gue sebenarnya bersyukur masih ada penghalang (dan) tantangan yang bisa kita hadapi dan atasi,” katanya. 

Suga mengibaratkan hal yang mereka lakukan dengan pepatah Korea, di mana mereka mesti berjuang ekstra keras untuk mengatasi halangan yang mereka temui.

“Pepatah Korea yang mengatakan, pohon apapun bisa ditebang dengan 10 ayunan kapak, dan kami telah melakukannya dua kali, mungkin jika kami melakukannya delapan kali lebih banyak,” jelasnya. (*)

Tag:
SumberHAI Online
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm