Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman.
Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman. ( Bangkapos.com/Riki Pratama)

Presiden Jokowi Bakal Ganti PNS dengan Robot, Gubernur Babel Sebut Ini Tantangan Untuk Pegawai

1 Desember 2021 14:26 WIB

SONORABANGKA.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana bakal menggantikan PNS Eselon III dan IV diganti dengan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) untuk mempercepat birokrasi.

Posisi PNS bakal digantikan dengan kecerdasan robot buatan dalam upaya mengefektifkan dan efesiensi dalam penggunaan teknologi.

Mengenai rencana tersebut, Gubernur Bangka BelitungErzaldi Rosman pun ikut berkomentar.

Menurutnya, PNS jangan mau dikalahkan dengan sistem kerja robot yang akan diwacanakan oleh pemerintah.

"Itukan dilakukan bertahap, itu mungkin dilakukan pemerintah pusat untuk melakukan efesiensi. Mereka merasa mungkin ya, apa yang dilakukan ASN sekarang belum optimal," ucap Erzaldi kepada Bangkapos.com, Rabu (1/12/2021) di Kantor Gubernur Bangka Belitung.

Dia mengatakan, dengan rencana tersebut tentunya harus menjadi pembuktian para ASN/PNS bahwa mereka tidak dapat dikalahkan dengan robot.

"Ini tantangan bagi ASN, masak ASN kalah dengan robot, jangan," katanya.

Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Bangka Belitung, Susanti, menyebutkan, untuk jumlah PNS Pemprov Bangka Belitung saat ini berjumlah 5.390 orang.

"Kita masih kekurangan PNS, saat ini juga kita masih melakukan dalam rapat, salah satunya memetakan dengan biro organisasi dan kabupaten/kota terkait penyetaraan jabatan,"ujar Susanti.

Menurutnya, untuk penerimaan PNS juga bakal dibatasi oleh pemerintah pada mulai depan. Sehingga Pemprov Babel akan melakukan memaksimalan dengan pegawai yang ada.

"Karena jumlah pegawai itu harus sesuai dengan peta jabatan, kita harus menyesuaikan dengan persentase, sesuai jumlah penduduk, kemampuan daerah  luas wilayah dan anggaranya," ucapnya.

Ia mengatakan untuk jumlah ASN Pemprov Babel saat ini berjumlah 5.390 orang, jumlah tersebut dikatakan masih kurang untuk kebutuhan di Pemprov Bangka Belitung.

"Kalau perkiraan 10 ribuan hitungan kasarnya, tetapi tergantung dari kempaauan daerah apalagi ada rencana pemerintah akan menggunakan teknologi (jasa robot-red) untuk pekerjaan lebih efesien. Sehingga perlu memaksimalkan yang ada, karena tahun depan tidak ada pengadaan PNS hanya PPPK," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Presiden Jokowi Ingin Ganti PNS dengan Robot, Gubernur Bangka Belitung Sebut Ini Tantangan Pegawai, https://bangka.tribunnews.com/2021/12/01/presiden-jokowi-ingin-ganti-pns-dengan-robot-gubernur-bangka-belitung-sebut-ini-tantangan-pegawai.

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm