Wagub Babel Abdul Fatah dan Wawako Pangkalpinang Muhammad Sofyan
Wagub Babel Abdul Fatah dan Wawako Pangkalpinang Muhammad Sofyan ( Ist)

Wagub Babel Harap Sinergi Semua Elemen Terjaga Dalam Ketersediaan Darah

1 Desember 2021 15:44 WIB

SonoraBangka.id - Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Wagub Babel) sekaligus Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi mengatakan kegiatan utama PMI Kota Pangkalpinang adalah berbagi untuk sesama melalui kegiatan aksi donor darah yang bekerjasama dengan pemerintah provinsi (Pemprov) dan pemerintah kota (Pemkot), serta kolaborasi bersama Perangkat Daerah (PD), instansi vertikal, BUMN, TNI/Polri, dan masyarakat umum agar dapat turut serta berdonor darah, hal ini disampaikannnya saat meresmikan Gedung Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Pangkalpinang yang bertempat di Markas PMI Jl. Ican Saleh Pangkalpinang, bebarapa hari lalu.

"Dengan kerjasama ini, ketersediaan darah akan selalu ada dan stanby, sehingga memudahkan masyarakat yang membutuhkan darah. Untuk itu, kita berharap UDD PMI Kota dapat terus terjaga, terutama alkes sebagai sarana dan prasarana kegiatan donor darah dan suplay darah yang dibutuhkan masyarakat," terangnya.

"Semoga sinergi dan kolaborasi antar elemen ini akan terus berlangsung dalam membantu masyarakat dan sesama yang membutuhkan darah,"tambahnya.

Sementara Wakil Walikota sekaligus Ketua PMI Kota Pangkalpinang, Muhammad Sofyan berharap dengan peresmian gedung, PMI Pangkalpinang sudah memenuhi SOP kesehatan yang telah diatur dalam peraturan Menteri Kesehatan.

"Dalam pengolahan darah, gedung yang ada saat ini sudah cukup representatif. Harapan saya, stakeholder yang ada dan juga seluruh elemen masyarakat, mari kita bergotong royong memenuhi kebutuhan darah dengan cepat dan tepat, karena setetes darah akan sangat berarti bagi pasien yang membutuhkannya," ajaknya.

Muhammad Sofyan juga mengatakan, ketersediaan darah di PMI Kota Pangkalpinang selama ini relatif cukup tersedia. Hal itu sebagian besar dipenuhi oleh kegiatan yang dilakukan BUMN, BUMD, ASN, maupun TNI/Polri sebagai stakeholder yang ada di Kota Pangkalpinang.

Terkait hal tersebut, tugas PMI sendiri adalah memberikan pelayanan darah, menjamin ketersediaan darah yang aman, berkualitas, mudah diakses dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Pelayanan darah sendiri dilakukan dalam rangka membantu pemerintah melalui UDD PMI yang meliputi pengerahan dan pelestarian pendonor darah, penyediaan dan pengolahan darah, serta pendistribusian darah ke fasilitas pelayanan kesehatan.

SumberDiskominfo Babel
PenulisEdwin
EditorEdwin
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm