Bus listrik DAMRI yang diuji coba(DOK. DAMRI)
Bus listrik DAMRI yang diuji coba(DOK. DAMRI) ( kompas.com)

DAMRI Mulai Tes Operasional Bus Listrik Korea di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta

2 Desember 2021 19:49 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Perum DAMRI terus mendukung percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) di Indonesia, terutama pada sektor transportasi jalan.

Upaya tersebut dibuktikan DAMRI yang melakukan peluncuran uji coba operasional bus listrik di Terminal 3 Gate 5 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, baru-baru ini.

Bus listrik yang akan dioperasikan DAMRI merupakan hasil kerja sama dengan PT Energi Makmur Buana dengan merek Edison Motors. Edison Motors sendiri merupakan pembuat bodi bus listrik asal Korea.

Selain bus listrik dengan dimensi yang besar, DAMRI juga melakukan kerja sama dengan PT Sokonindo Automobile, mengoperasikan DFSK Gelora E sebagai armada. Program KBLBB ini merupakan implementasi sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle).

Nantinya bilaseluruh kebijakan terkait kendaraan listrik sudah ditetapkan, DAMRI siap untuk mengimplementasikannya di semua segmen perkotaan dan segmen lainnya menyesuaikan dengan fasilitas atau infrastrukturnya.

Sebelum melakukan peluncuran uji coba, DAMRI mengeklaim telah melakukan berbagai pengembangan, seperti uji coba konversi bus konvensional menjadi bus listrik.

Pengoperasian bus listrik ini diharapkan dapat berkontribusi dalam menekan gas emisi buang hingga 29 persen pada tahun 2030 dan menggantikan peran bus berbahan bakar minyak sehingga dapat mengurangi polusi udara di Tanah Air.

Adapun tentang penggunaan kendaraan listrik, DAMRI sangat terbuka untuk potensi kerja sama dengan para mitra kerja dan pemangku kepentingan lainnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "DAMRI Mulai Tes Bus Listrik Korea di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/12/02/094200815/damri-mulai-tes-bus-listrik-korea-di-terminal-3-bandara-soekarno-hatta.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm