( )

Akhir pekan ini Gerhana Matahari total hingga Super New Moon, fenomena astronomi

3 Desember 2021 13:12 WIB

SonoraBangka.Id - Gerhana Matahari total hingga Bulan Super baru, fenomena astronomi yang terjadi akhir pekan ini. Kedua fenomena astronomi tersebut bakal terjadi pada tanggal 4 Desember 2021, simak penjelasan lengkapnya di sini.

Menjelang tahun 2021 yang segera berakhir, nampaknya beberapa fenomena astronomi ini tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Di bulan Desember 2021 ini, tepatnya menjelang akhir pekan akan fenomena astronomi yang menarik untuk disimak.

 Yakni gerhana Matahari total yang bakal terjadi di wilayah Antartika dan Bulan Baru Super, sebuah fase Bulan Baru yang kejadiannya berdekatan dengan saat Perige Bulan.

Pengin tahu lebih banyak tentang peristiwa astronomi tersebut? Mari kita simak apa itu gerhana Matahari total hingga Bulan Baru Super.

Mengutip dari laman resmi Edukasi Sains Antariksa LAPAN, Andi Pangerang penulis dari Pusat Riset Antariksa LAPAN-BRIN menjelaskan beberapa fenomena astronomi di bulan Desember 2021 ini. Termasuk fenomena gerhana Matahari total dan juga Bulan Baru Super, berikut penjelasannya.

Gerhana Matahari total di Antartika (4 Desember 2021)

 Gerhana Matahari total merupakan fenomena yang terjadi ketika Bulan menutupi matahari sepenuhnya.

Di bulan Desember 2021 ini, gerhana Matahari Total terjadi sejak pukul 07.303 - 08.04 Universal Time, di wilayah Antartika yang terkena umbra Bulan akan mengalami gerhana Matahri total dengan durasi totalitas antara 90-116 detik. 

Lebar umbra Bulan di permukaan Bumi pada dasarnya bervariasi, yakni antara 421-450 Km. Sedangkan wilayah yang terkena penumbra Bulan, seperti Republik Afrika Selatan, Namibia, Australia bagian selatan (Victoria, sebagian New South Wales, Teritori Ibukota Asutralia dan Tasmania) akan mengalami Gerhana Matahari sebagian.

Lebar gerhana kurang lebih dari 10% diameter Matahari. Sementara itu, di wilayah Kepulauan Malvinas dan Tierra del Fuego akan mengalami Gerhana Matahari Sebagian dengan lebar gerhana antara 10%-40% diameter Matahari.

Di wilayah Georgia Selatan dan Kepulauan Sandwich Selatan mengalami Gerhana Matahari Sebagian dengan lebar gerhana antara 93-97% diameter Matahari.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm