( Ist)

Gubernur Babel Harap ASN Tidak Mengejar Jabatan Secara Instan

14 Desember 2021 09:55 WIB

SonoraBangka.id - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman mengatakan agar jangan terlalu ambisius mengejar sesuatu diluar kemampuan hanya demi mengejar karir dan jabatan secara instan. Hal itu ia sampaikan dalam acara pelantikan dan pengambilan sumpah Calon Pegawai Negeri Sipil menjadi Pegawai Negeri Sipil di kantor Gubernur belum lama ini.

"Saya minta untuk jangan pernah minta jabatan, karena orang yang meminta jabatan itu adalah orang yang tidak mampu," tegas gubernur.

Lebih lanjut, gubernur juga berpesan kepada para ASN untuk senantiasa bekerja secara profesional, dan hindari meniti karir dengan menjadi seorang 'penjilat' demi berharap memperoleh promosi jabatan. Karena para pimpinan, pasti akan melihat kemampuan dari keprofesional bekerja dalam penentuan karir para stafnya.

Tak hanya itu, Pemprov. Babel sendiri menyikapi proses rekrutmen, pada tahun depan akan mulai menerapkan merit sistem untuk menentukan jenjang karir ASN. Dimana dalam sistem digital tersebut, akan terdata klasifikasi setiap ASN, seperti prestasi, kinerja, penghargaan, hukuman disiplin. Sehingga tujuan penerapan sistem ini adalah untuk memastikan jabatan di birokrasi pemerintah diduduki oleh orang-orang yang profesional.

Sebanyak 113 calon pegawai negeri sipil (CPNS) formasi tahun 2019 di lingkungan Pemprov. Babel, dengan rincian 111 orang hadir secara langsung, sementara 2 orang hadir secara virtual dilantik dan diambil sumpah menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Gubernur mengatakan bekerja sebagai ASN masih menjadi mimpi sebagian besar angkatan kerja di Indonesia. Namun mimpi tersebut harus dibarengi dengan kesadaran moral bahwa ketika kelak mereka lulus tes dan diangkat menjadi ASN, tanamkan untuk mengabdi kepada bangsa dan negara, bukan semata-mata untuk minta dilayani.

"Sekarang ini niatkan dalam hati, bahwa menjadi ASN itu panggilan pengabdian kepada bangsa dan negara. Jaga selalu nama baik Korps KORPRI," tutupnya.

SumberDiskominfo Babel
PenulisEdwin
EditorEdwin
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm