Ilustrasi
Ilustrasi ( thinkstock )

ASI Pertama dan Miliki Segudang Manfaat, Yuk Kenali Kolostrum!

15 Desember 2021 20:25 WIB

SonoraBangka.id - Sudah jadi rahasia umum, bahwa ASI (Air Susu Ibu) adalah makanan terbaik untuk bayi.

Menurut dr. Hikmah Kurniasari, MKM, Anggota Sentra Laktasi Indonesia (SELASI) dan Klinik Laktasi RS Sari Asih, Ciputat, sejak usia kehamilan 16-22 minggu dimulai proses pembentukan ASI yang disebut laktogenesis. 

“Nah, ASI yang pertama diproduksi disebut kolostrum, yaitu cairan kental berwarna kekuningan atau jernih yang diproduksi oleh payudara pada hari-hari pertama persalinan. Biasanya sejak lahir sampai hari ke-3, ada yang sampai hari ke-5.”

Lalu, apa saja kandungan dalam kolostrum? Manfaat kolostrum, cairan yang terbilang sedikit ini justru banyak sekali manfaatnya.

Sebagai contoh, sambung Hikmah, kolostrum lebih banyak mengandung antibodi, sel darah putih pembangun sistem kekebalan, dan asam lemak rendah kolesterol berantai panjang.

“Kolostrum juga mengandung vitamin K yang cukup untuk menghindari bayi dari perdarahan. Kolostrum mengandung faktor pertumbuhan dan lebih kaya vitamin, terutama vitamin A daripada ASI matang.”

Selain itu, kandungan protein antiinfektif pada kolostrum 3 kali lebih banyak daripada pada ASI matang.

Tambahan protein ini berupa immunoglobulin.

Protein antiinfektif dan sel darah putih yang terkandung di dalam kolostrum merupakan imunisasi pertama terhadap penyakit yang dihadapi bayi setelah dilahirkan.

SumberNova
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm