Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) akan menggelar event balap bertajuk Yamaha Endurance Festival 2018 di Sirkuit Sentul, Bogor pada 29-30 September.(Yamaha Indonesia)
Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) akan menggelar event balap bertajuk Yamaha Endurance Festival 2018 di Sirkuit Sentul, Bogor pada 29-30 September.(Yamaha Indonesia) ( kompas.com)

Sirkuit Sentul Bisa Gelar MotoGP, namun Bukan dalam Waktu Dekat

16 Desember 2021 16:56 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Sentul Intenational Circuit sedang berbenah demi meningkatkan standar sirkuit agar memenuhi persyaratan event kelas dunia seperti MotoGP atau Formula Satu.

Tapi, Sirkuit Sentul rupanya bukan berniat menyelenggarakan MotoGP maupun Formula Satu dalam waktu dekat. Sebab, Sirkuit Mandalika telah ditunjuk sebagai tuan rumah MotoGP musim mendatang.

“Jadi MotoGP sudah di Mandalika, bukan Sentul. Kita enggak mau bikin MotoGP,” ujar Tinton Soeprapto, Komisaris Sentul International Circuit, kepada Kompas.com (15/12/2021).

“Kami dukung MotoGP, tapi (sirkuit ini) bisa dipakai MotoGP, mau bikin F1 juga bisa, tapi kami tidak punya keinginan untuk bikin. Biarlah itu Mandalika bikin dulu,” kata dia.

Menurutnya, sebagai tuan rumah, kita harus membuktikan bahwa MotoGP Mandalika yang berlangsung di Indonesia dapat berjalan sukses.

“Sekarang kan masih banyak orang-orang yang enggak suka (MotoGP dilaksanakan), kita harus suka semua. Caranya melalui apa? Kita harus dukung,” ucap Tinton.

“Tapi nanti kalau mau dibikin dua seri di Indonesia enggak masalah. Seperti di Spanyol, ada di Jerez, di Catalunya, di Aragon, di Spanyol semuanya. Setahun bisa empat kali,” ujar dia.

Apalagi sebagai sirkuit permanen, Tinton mengatakan, Sirkuit Sentul memiliki kans besar untuk menggelar MotoGP.

Terlebih kalau renovasi dan revitalisasi dengan desain baru, bisa diakui FIA dan FIM, serta memenuhi standar minimal Grade 2.

“Sekarang kita doakan, kita kawal Mandalika supaya sukses. Di sana street circuit, di sini sirkuit permanen,” kata Tinton.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sirkuit Sentul Bisa Gelar MotoGP, tapi Bukan dalam Waktu Dekat", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2021/12/16/074200215/sirkuit-sentul-bisa-gelar-motogp-tapi-bukan-dalam-waktu-dekat.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm