Ilustrasi
Ilustrasi ( THINKSTOCKPHOTOS )

Fakta : Oteoporosis Bisa Disebabkan Dari Kebiasaan Bermalas-masalan!

28 Desember 2021 13:35 WIB

SonoraBangka.id - Biasanya, akhir pekan sering dijadikan waktu bagi sejumlah orang untuk bermalas-malasan di rumah. 

Berbaring atau duduk di sofa sambil menonton serial favorit, sering dilakukan orang-orang untuk mengisi energi.

Bermalas-malasan atau mager, memang merupakan kegiatan yang bisa membuat nyaman.

Tapi terlalu sering bermalas-malasan dan jarang melakukan kegiatan fisik, bisa menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Salah satu masalah kesehatan yang bisa disebabkan oleh kebiasaan bermalas-malasan adalah osteoporosis.

Osteoporosis adalah kondisi di mana tulang-tulang tubuh lemah, rapuh, dan jadi lebih mudah patah, dikutip dari NHS.uk, Minggu (19/12/2021).

Selain karena kurang kalsium, vitamin D, sering mengonsumsi alkohol, atau merokok, mager juga bisa menyebabkan osteoporosis.

Dalam studi yang dipublikasikan di Journal of Public Health, ditemukan bahwa mager atau bermalas-malasan memiliki hubungan dengan tulang yang lemah dan osteoporosis.

Fakta Bermalas-malasan Sebabkan Osteoporosis

"Kita tahu bahwa duduk yang terlalu lama dapat menurunkan metabolisme seseorang yang menyebabkan kelebihan berat badan dan diabetes tipe 2," kata Dr Karen Hind dari Department of Sport and Exercise Sciences di Durham University, yang melakukan studi tersebut.

"Yang kita tahu sekarang adalah tidak aktif (mager) juga dikaitkan dengan kekuatan tulang yang lebih rendah dan peningkatan risiko osteoporosis," jelasnya.

SumberHealth.grid.id
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm