Ilustrasi merencanakan keuangan
Ilustrasi merencanakan keuangan ( SHUTTERSTOCK )

Berikut Ini Tips Siapkan Keuangan Sebelum Investasi, Jangan Buru-buru!

3 Januari 2022 13:17 WIB

SonoraBangka.id - Masa pandemi ini membuat hampir semua orang memutar otak untuk mempertahankan pondasi keuangannya, salah satunya dengan investasi

Nah, justru dimasa pandemi ini kita lebih harus berhati-hati untuk menggunakan uang. 

Sebelum investasi ada baiknya kita menyiapkan keuangan agar kebutuhan lainnya tetap aman. 

Mnurut Melvin Mumpuni, ST., MBA., CFP®, QWP®, seorang perencana keuangan dan CEO Finansialku.com, ada beberapa tips untuk menyiapkan keuangan kita. 

Menurutnya hal pertama yang harus dilakukan ialah melakukan financial check-up. 

Financial check-up diperlukan agar seseorang bisa mengetahui pengeluarannya, lalu bisa mengetahui langkan perencanaan selanjutnya.

Melvin menjelaskan kita juga harus fokus membuat keuangan yang sehat.

“Membuat persiapan keuangan harus dilengkapi dengan fokus membuat kondisi keuangan sehat terlebih dahulu." ungkap Melvin dalam acara Webinar Series "“Kapan Pandemi Berakhir dan Bagaimana Mempersiapkan Keuangan” bersama Allianz Indonesia pada Jumat (1/10).

Kita juga perlu melakukan pengaturan cash flow yang seimbang dan memahami kebutuhan agar mencapai tujuan keuangan yang ingin dicapai.

Selanjutnya Melvin menjelaskan soal dana darurat. 

Menurutnya dana darurat penting untuk dipersiapkan untuk berjaga-jaga dikemudian hari.

"Dana darurat dan asuransi adalah dua hal penting selanjutnya yang juga harus dipersiapkan, karena kita harus siap menghadapi berbagai risiko kehidupan yang salah satu contohnya adalah masa pandemi seperti sekarang ini. Setelah menganalisa keuangan ini, maka kita harus fokus dalam mencapai tujuan sesuai rencana.” jelasnya.

Selain itu, Melvin menyarankan untuk kita tidak bergantung dengan satu sumber penghasilan saja. 

Sebaiknya kita juga harus berusaha untuk mencari pendapatan dari sumber yang baru. 

SumberNova
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm