Vaksin untuk anak usia 6-11 tahun di atau pelaksanaan Vaksin Merdeka Anak di SD St.Theresia 2 Kota Pangkalpinang, Rabu (5/1/2022)
Vaksin untuk anak usia 6-11 tahun di atau pelaksanaan Vaksin Merdeka Anak di SD St.Theresia 2 Kota Pangkalpinang, Rabu (5/1/2022) ( Andini Dwi Hasanah)

Antusias Vaksin Anak Usia 6-11 Tahun di Kota Pangkalpinang Cukup Baik, Ditargetkan Februari Selesai

5 Januari 2022 13:47 WIB

SONORABANGKA.ID - Hampir satu bulan vaksin untuk anak usia 6-11 tahun dilaksanakan di Kota Pangkalpinang, sampai saat ini berdasarkan data update vaksinasi sudah 5.182 anak ikut penyuntikan dosis pertama vaksinasi.

Hal ini juga diakui Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Eddy Supriadi, menurutnya hingga saat ini orangtua begitu menyambut antusias vaksin untuk anak dilaksanakan.

Eddy berkata, proses vaksinasi juga dilaksanakan di masing-masing sekolah ataupun bisa langsung di Puskesmas.

"Saya pikir untuk menerima vaksin ini baik anak-anak maupun orangtua sangat antusias jadi sesuatu yang sangat mereka butuhkan. Mungkin karena situasi dan kondisi covid kemarin menyadari mereka di rumah cukup lama, jadi dengan vaksin ini harapannya sekolah bisa dilaksanakan normal kembali," jelas Eddy kepada Bangkapos.com, usai pelaksanaan Vaksin Merdeka Anak di SD St.Theresia 2 Kota Pangkalpinang, Rabu (5/1/2022).

Bahkan kata Eddy, sejak perdana dilaksanakan di SDN 10 Kota Pangkalpinang, Rabu (15/12/2021) kemarin ia belum mendapatkan laporan ada efek samping yang berlebihan.

"Sejak perdana dilaksanakan sampai dengan  hari ini liat aja antusiasnya luar biasa, kalau ada penolakan itu biasa orangtuanya kita edukasikan lagi. Tapi kalau sampai hari ini tidak ada kami mendapatkan laporan ada efek samping yang berlebihan," tambahnya.

Menurutnya, penyuntikan vaksin untuk anak memang lebih dulu harus ada persetujuan orangtua baru bisa proses penyuntikan.

Dia juga menyebutkan vaksinasi belum menjafi target pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah.

"Bukan menjadi suatu syarata PTM hanya saja vaksin ini suatu keniscayaam, dan saya rasa lebih kepada penunjang proses belajar mengajar saja ini langkah antisipasi yang bisa kita lakukan untuk melawan covid-19, kenapa tidak kita laksanakan," ujarnya.

Sementara itu, Kabid pengendalian dan pemberantasan penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang dr Muhammad Fauzan menyebut pihaknya menargetkan vaksinasi untum anak usia 6-11 tahun ini untuk penyuntikan dosis pertamanya rampung bulan Januari, dan selesai seluruhnya bulan Februari.

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm