ilustrasi jeruk santang atau jeruk mandarin kecil. cara memilih jeruk santang manis bisa dilihat dari luarnya.(WIKIMEDIA/SUSAN SLATER)
ilustrasi jeruk santang atau jeruk mandarin kecil. cara memilih jeruk santang manis bisa dilihat dari luarnya.(WIKIMEDIA/SUSAN SLATER) ( kompas.com)

3 Cara Pilih Jeruk Santang yang Manis dan Matang untuk Imlek, Saran dari Pedagang

7 Januari 2022 18:58 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Jeruk santang atau jeruk mandarin kecil merupakan buah yang umum ditemukan jelang perayaan Imlek. Buah ini menjadi simbol keberuntungan dalam budaya China.

Menurut Nanang, pedagang aneka buah di Pasar Parung, musim buah berukuran kecil ini biasanya dimulai pada Desember sampai Januari.

"Pas musim mangga selesai, dia ganti langsung ganti jeruk santang tetapi (jumlahnya) tidak sebanyak mangga," ujar Nanang saat ditemui Kompas.com, Kamis (6/1/2022) di lapak jualannya.

Harga jeruk santang berkisar mulai Rp 30.000 sampai Rp 35.000 per kilogram..

Sebelum membeli buah ini, sebaiknya ketahui lebih dulu cara memilih jeruk santang yang matang dan manis, seperti saran dari pedagang buah berikut.

1. Lihat warna jeruk santang

Kulit dan buah jeruk santang umumnya berwarna kuning. Bila ingin membeli jeruk mandarin kecil bercita rasa manis, sebaiknya pilih buah berwarna lebih pekat.

"Kalau lebih bagus biasanya lebih merah, lebih oranye," kata Nanang yang sudah berjualan buah sejak 2010 lalu.

2. Perhatikan kulit buah jeruk santang

Selanjutnya, coba lihat kulit jeruk santang yang akan dibeli. Perhatikan baik-baik, lalu pilih jeruk santang berkulit halus.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm