Ilustrasi pasien
Ilustrasi pasien ( DOK. SHUTTERSTOCK )

Hadapi Biaya Medis yang Tak Terduga dengan Trik Pengelolaan Keuangan

25 Januari 2022 16:19 WIB

SonoraBangka.id - Saat kondisi pandemi seperti sekarang ini , kebutuhan akan biaya medis sudah semakin tinggi.

Banyak fenomena yang membuat kita sebagai masyarakat umum tercengang ketika beberapa tagihan pasca keluar dari rumah sakit yang tinggi dan akhirnya membebani para pasien beserta keluarganya setelah proses rawat inap di rumah sakit selesai.

Solusi yang diperlukan demi meminimalisir masalah biaya tak terduga selain biaya rawat inap saat menjalani opname adalah dengan memiliki asuransi kesehatan dengan layanan terbaik.

Dibutuhkan strategi keuangan khusus dalam persiapan biaya kesehatan.

Kita bisa melakukan beberapa trik berikut agar keuanganmu tidak sampai berantakan ketika risiko menghadapi biaya medis itu datang.

1. Memiliki Dana Darurat Cukup

Saat pandemi melanda, banyak dari kita yang akhirnya sadar pentingnya memiliki tabungan ataupun aset yang mudah untuk dilikuidasi.

Mengingat kebutuhan hidup yang terus berjalan dan memaksa kita tetap melakukan pengeluaran untuk kebutuhan pokok, maka alokasi untuk dana darurat ini menjadi sesuatu yang kerap terlupakan ketika kondisi normal dan baru dirasakan urgensinya ketika menghadapi kondisi perekonomian seperti saat ini.

Menyangkut risiko atas kesehatan, apabila ternyata proteksi kurang dan terpaksa harus mengalokasikannya dari tabungan pribadi, maka dari sinilah alokasi tersebut dapat diambil.

Rumus sederhananya adalah mengetahui pengeluaran.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm