Artis peran Aliando Syarief
Artis peran Aliando Syarief ( KOMPAS.com/DIAN REINIS KUMAMPUNG )

Yuk Kenali Peyebab dan Gejala OCD, yang Dialami Aliando Syarief

29 Januari 2022 15:24 WIB

SonoraBangka.id - Belum lama ini aktor Aliando Syarief mengaku mengidap OCD atau (Obsessive Compulsive Disorder).

"Saya kena OCD, makannya kenapa enggak keluar dua tahun dan maksudnya jangan sampai ada berita-berita aneh juga karena yang akurat berita langsung dari akunnya Ali ini," ujar Aliando.

Aliando mengatakan, gangguan mentalnya ini membuat dirinya sulit untuk beraktivitas, seperti mandi, jalan-jalan, dan naik mobil.

Sebenarnya, apa itu OCD?

OCD menampilkan pola pikiran dan ketakutan yang tidak diinginkan (obsesi) yang membuat seseorang ingin melakukan perilaku berulang (kompulsi).

Obsesi dan kompulsi ini sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Penderita mungkin mencoba untuk mengabaikan atau menghentikan obsesi, tetapi itu hanya meningkatkan tekanan dan kecemasan.

Pada akhirnya, penderita merasa terdorong untuk melakukan tindakan kompulsif untuk mencoba meredakan stres tersebut.

Meskipun ada upaya untuk mengabaikan atau menyingkirkan pikiran atau dorongan yang mengganggu, tetap saja kedua hal itu terus datang kembali.

OCD sering berpusat di sekitar tema tertentu, misalnya, ketakutan berlebihan akan terkontaminasi oleh kuman.

Untuk meredakan ketakutan akan kontaminasi tersebut, biasanya penderita akan mencuci tangan secara kompulsif sampai terasa sakit. 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm