Ilustrasi kakak adik
Ilustrasi kakak adik ( Shutterstock)

Punya Adik Perempuan Bisa Bikin Kita Kelebihan Berat Badan, Apa Benar?

30 Januari 2022 19:23 WIB

SonoraBangka.id - Apakah ada dari Anda yang memiliki saudara atau adik perempuan?

Memiliki adik perempuan bisa sangat menyenangkan karena kita bisa saling berbagi seperti meminjam pakaian satu sama lain atau kerap jalan bersama.

Tetapi siapa sangka orang yang memiliki adik perempuan membuat kita akan berpotensi kelebihan berat badan.

Apa alasannya?

Penelitian yang dilakukan pada 13.406 pasangan saudari Swedia yang lahir di tahun 1991 dan 2009 menyimpulkan bahwa anak sukung memiliki masa tubuh yang lebih besar dan cenderung obesitas.

Salah satu teori yang dikemukakan Profesor Wayne Cutfield dari Liggins Institute Univesity of Auckland menyebutkan pembuluh darah yang memasok nutrisi ke janin tampaknya lebih tipis dalam kasus kehamilan pertama.

Akibatnya, ada kemungkinan pengurangan pasokan nutrisi, dan menyebabkan seseorang berisiko menyimpan lebih banyak lemak dan memiliki insulin yang bekerja kurang efektif di kemudian hari. 

Selain itu pengaruh budaya juga bisa menjadi penyebabnya.

Dr. Maria Pena, Direktur Pusat Manajemen Berat Badan di Rumah Sakit Lenox Hill di New York City mengatakan bahwa para ibu lebih cenderung menyusui bayi pertama mereka lebih banyak untuk memastikan berat badan yang sehat.

Nah kebiasaan inilah yang akhirnya melekat di sepanjang hidup mereka.

Selain itu persaingan saudara juga menjadi faktor yang lainnya.

Anak sulung akan bersaing dengan anak bungsu dalam mengonsumsi makanan yang ada di rumah.

Apakah hal ini juga terjadi dengan Anda?

Atau mungkin justru sebaliknya? 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm