Dumpling adalah sajian yang selalu keluar di hari Imlek, sajian ini melambangkan kemakmuran.(Unsplash/Abishek Sanwa Limbu)
Dumpling adalah sajian yang selalu keluar di hari Imlek, sajian ini melambangkan kemakmuran.(Unsplash/Abishek Sanwa Limbu) ( kompas.com)

7 Menu Imlek yang Dipercaya Bisa Mendatangkan Keberuntungan

30 Januari 2022 20:34 WIB

SONORABANGKA.ID - Tahun Baru Imlek selalu sarat akan tradisi, mulai dari tari-tarian, ornamen atau dekorasi rumah khas, ritual-ritual kekerabatan tertentu, sampai menu-menu istimewa di meja makan.

Sebenarnya Imlek tak jauh beda dengan hari raya lainnya, seperti Natal atau Idul Fitri. Di dalamnya terkandung berbagai tradisi khas yang tak ditemukan di hari-hari biasa.

Ketua Komunitas Pecinan Semarang untuk Pariwisata atau Kopi Semawis, Harjanto Halim, menyatakan kepada Kompas.com, Sabtu (29/01/2022), bahwa tradisi di dalam Imlek layaknya tradisi dalam Lebaran, menurun dari generasi ke generasi dan dipengaruhi oleh banyak faktor.

Mulai dari faktor budaya di wilayah tertentu, hingga tradisi dari suku atau keluarga masing-masing. "Jika di hari raya Idul Fitri ada sungkem-sungkeman, begitu juga di Imlek. Ada tradisi yang muda meminta maaf dan menghormat kepada yang tua," ujar Harjanto Halim.

Menu imlek yang mendatangkan keberuntungan

Kalau Idul Fitri mempunyai ketupat opor dan Natal memiliki ginger bread, lalu menu istimewa apa yang tersaji di meja makan ketika Imlek tiba?

Melansir dari Taste of Home, menu Imlek biasanya dipenuhi sajian-sajian yang dipercaya membawa banyak kebahagiaan dan keberuntungan. 

Berikut ini menu Imlek yang dipercaya membawa keberuntungan:

1. Dumpling

Dumpling termasuk dimsum yang berisi daging-dagingan. Dumpling disebut juga kue bola, umumnya berisi cacahan daging babi dan sayuran, meski ada pula dumpling yang berisi daging sapi, daging ayam, dan juga seafood.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm