Ilustrasi
Ilustrasi ( detik.net.id)

Awal dari Rasa Tidak Bahagia, Begini Cara Mengatasi Pikiran Bercabang!

4 Februari 2022 13:59 WIB

SonoraBangka.id - Seperti diketahui, pikiran bercabang sering kali terjadi tanpa kita sadari dan jika dibiarkan bisa berujung pada overthinking.

Ya, pernahkah kamu mengalami pikiran bercabang?

Menurut penelitian psikologi yang dilakukan oleh Queens University di Kingston, pikiran bercabang diketahui berawal dari pikiran yang berpindah dari satu hal ke hal yang lain

Para peneliti mengukurnya dengan menggunakan fMRI (functional Magnetic Resonance Imaging). fMRI sendiri adalah alat untuk mendeteksi area otak mana yang aktif saat sedang berpikir atau melakukan tugas dengan mendeteksi peningkatan aliran darah ke area otak tersebut.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata–rata manusia memikirkan 6200 hal yang terus–menerus berganti sepanjang hari.

Berarti dalam sehari, bila dikurangi waktu tidur (aktif selama 16 jam), manusia berpikir 6–7 hal yang berbeda setiap menitnya. Betapa riuhnya pikiran manusia bukan? Terus berpindah–pindah dari satu objek ke objek yang lain.

Pikiran–pikiran yang terus berpindah–pindah bukanlah pikiran yang bahagia, lo, Kawan Puan!

Pikiran terus ‘mengembara’ tak tentu arah, terus mencemaskan sesuatu yang belum tentu terjadi di masa depan atau galau dengan berbagai hal yang telah terjadi di masa lalu.

Padahal kejadian di masa lalu tidak dapat kita ubah. Waktu dan energi habis terkuras untuk memikirkan hal–hal yang tidak nyata. Tanpa disadari kita tenggelam dalam lumpur hisap pikiran–pikiran kita.

Bukan kita yang mengendalikan pikiran, tetapi justru, pikiran yang ‘membajak’ bahkan menguasai kehidupan kita. Hidup menjadi tidak tenang dan bahagia. Kita kesulitan untuk menikmati hidup di sini dan saat ini.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm