Jet tempur Dasault Rafale milik Angkatan Udara Perancis.
Jet tempur Dasault Rafale milik Angkatan Udara Perancis. ( KOMPAS.com)

Indonesia Resmi Pesan 42 Pesawat Tempur Rafale

10 Februari 2022 16:28 WIB

SonoraBangka.ID - Indonesia resmi memesan 42 pesawat jet tempur Rafale buatan pabrikan Dassault Aviation Perancis.

Hal ini diungkap oleh Menteri Pertahanan Perancis, Florence Parly yang sedang melakukan lawatan ke Indonesia. Melalui akun Twitter pribadinya, Parly mencuitkan, "Sudah resmi: Indonesia memesan 42 Rafale."

Dari 42 komitmen pembelian pesawat tempur itu, baru enam pesawat yang akan dikirim pada tahap pertama, sesuai dengan rekaman suara dari Menhan Prabowo Subianto, yang diterima awak media, Kamis (10/2/2022).

"Kita mulai hari ini dengan tanda tangan kontrak pertama untuk 6 pesawat," kata Prabowo dalam rekaman suara tersebut.

Menurut Prabowo, 36 unit Rafale sisanya akan segera menyusul dalam waktu dekat. Belum diketahui detail pemesanan 42 pesawat tempur Rafale ini, baik nilai kontraknya hingga jadwal pengirimannya.

Dikutip dari Kontan, selain akuisisi jet tempur Rafale, penandatangan kontrak juga sepaket dengan dukungan latihan persenjataan dari Perancis.

"(Termasuk) dukungan latihan persenjataan dan simulator-simulator yang dibutuhkan," imbuh Prabowo.

Dassault Rafale adalah pesawat tempur multirole bermesin ganda (twin engine). Pesawat ini memiliki ciri khas delta wing (sayap segitiga) dan canard (sayap kecil) di samping kokpit.

Pesawat ini pertama kali diproduksi pada 1992 dan mulai aktif beroperasi di Angkatan Udara Perancis pada 2002. Dengan bobot lepas landas mencapai 24,5 ton, Rafale mampu memuat bahan bakar sebanyak 4,7 ton internal dan 6,7 ton eksternal.

Jet tempur Rafale mampu melaju dengan kecepatan maksimal 1,8 march atau 750 knot di ketinggian maksimal 15,24 kilometer.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm