Buaya 3,5 meter yang berhasil ditangkap di Kolong Tono Desa Jurung Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka Jumat (11/2/2022).
Buaya 3,5 meter yang berhasil ditangkap di Kolong Tono Desa Jurung Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka Jumat (11/2/2022). ( ist Bhabinkamtibmas Riding Panjang)

Dengan Umpan Tupai, Berhasil Menjerat Buaya yang Menerkam Warga Merawang

11 Februari 2022 15:29 WIB

SONORABANGKA.ID - Buaya yang menerkam warga di Kolong Tono Desa Jurung Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka behasil ditangkap usai memakan pancing yang dipasang dengan umpan tupai Jum'at (11/2/2022).

Upaya menangkap buaya ini dilakukan dan memanggil pawang dari Bukit Layang Kecamatan Bakam Kabupaten Bangka. Buaya tesebut sebelumnya menerkam Agus Salim (54) warga Desa Riding Panjang.

"Dipandu oleh pawang buaya dari Bukit Layang kemudian dipasang pancing dengan umpan tupai sesuai permintaan akhirnya berhasil ditangkap," ucap Aipda Dedi Irawan Bhabinkamrbas Riding Panjang yang ikut memantau proses penangkapan.

Upaya menangkap buaya dilakukan lantaran warga khawatir bakal ada yang menjadi korban. Pasalnya Kawasan Kolong Tono Desa Jurung sering beraktifitas warga seperti memancing dan mencari pasir timah.

Warga lalu menghubungi Syarif dan Mundali pawang buaya dari Desa Bukit Layang Kecamatan Bakam Kabupaten Bangka. Keduanya kemudian datang membawa tim penangkap buaya.

Kemudian warga diminta mencarikan tupai untuk umpan pancing. Kemudian dilakukan pemasangan pancing di beberapa titik. Pancing yang dipasang salah satunya dimakan buaya.

Namun untuk menarik buaya kedarat cukup sulit karena buaya sepanjang sekitar 3,5 meter dan diameter badan 45 cm tersebut terus memberontak. Menggunakan perahu kemudian berhasil menarik buaya kepinggir. Saat ini buaya masih diikat tak jauh dari kolong tempat tertangkap.

"Masih di lokasi buaya yang tertangkap sebab pawang masih berupaya menangkap buaya lain yang ukurannya lebih besar warga kita imbau tetap waspada dan berhati- hati," ujar Aipda Dedi Irawan.

Seperti diketahui pada 3 Februari 2022 lalu warga dihebohkan oleh serangan buaya yang memakan korban di kolong Tono Desa Jurung Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka.

Saat itu Agus Salim (55) warga Riding Panjang diterkam buaya ketika sedang mencuci tangan usai istirahat makan siang di pinggir kolong.

Agus Salim sempat dibawa ke dalam air. Namun rekan- rekannya beserta warga menggunakan alat seadanya berhasil mengusir buaya dan melepaskan gigitan.

Namun Agus Salim saat ditemukan di dasar kolong sudah tak bernyawa dengan luka robek di kepala dan bahu.

"Kawasan Kolong Tono terhubung ke Sungai Jada Bahrin yang memang masih banyak buayanya,"ucap  Aipda Dedi Irawan.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Pancing dengan Umpan Tupai Berhasil Menjerat Buaya yang Menerkam Warga Merawang, https://bangka.tribunnews.com/2022/02/11/pancing-dengan-umpan-tupai-berhasil-menjerat-buaya-yang-menerkam-warga-merawang.

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm