Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, DKPPKB Kabupaten Bangka Selatan dr Agus Pranawa.
Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, DKPPKB Kabupaten Bangka Selatan dr Agus Pranawa. ( (Bangkapos.com/Yuranda) )

Sebanyak 17 Kasus DBD di Bangka Selatan, 2 Pasien Meninggal Dunia, Ini Pinta dr Agus Pranawa

13 Februari 2022 08:07 WIB

SONORABANGKA.ID - Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) mencatat ada 17 Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) menyerang masyarakat di Basel. Di antara 17 kasus tersebut, dua orang meninggal dunia.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, DKPPKB Kabupaten Bangka Selatan dr Agus Pranawa, menyebutkan 17 kasus itu terjadi di Tahun 2022. Untuk menindaklanjuti hal tersebut Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan, telah menggeluarkan surat edaran.

"17 kasus tercatat dari 17 itu dua di antaranya meninggal dunia. Pemkab sudah keluarkan surat edaran bupati terkait peran serta masyarakat untuk menangani hal tersebut," ujar dr Agus Pranawa, kepada Bangkapos.com, Sabtu (12/2/2022).

Ia berkata, peran serta masyarakat dalam hal ini ialah, satu rumah melibatkan satu jumantik. Jumantik adalah orang yang melakukan pemeriksaan, pemantauan, dan pemberantasan jentik nyamuk, khususnya Aedes aegypti.

Serta masyarakat juga diminta untuk menerapkan 3 M Plus, menguras tempat penampungan air, mengubur barang bekas, menutup tempat penampungan air dan hindari gigitan nyamuk tidur pakai kelambu dan memakai obat nyamuk.

Sementara itu, lanjut Agus petugas dari Puskesmas setempat juga akan turut kelapangan ketik ada laporan kasus DBD, dan akan dilakukan penyelidikan epidemiologi (PE) untuk menindaklanjuti dengan fogging.

"Sebelumnya fogging hanya membunuh nyamuk saja tapi tidak membunuh jentik nyamuknya. Jadi kami berharap peran serta masyarakat juga untuk mencegah DBD ini juga diperlukan, agar semuanya terhindar dari DBD,"tambahnya.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Ada 17 Kasus DBD di Bangka Selatan, Dua Pasien Meninggal Dunia, Begini Pesan dr Agus Pranawa  , https://bangka.tribunnews.com/2022/02/12/ada-17-kasus-dbd-di-bangka-selatan-dua-pasien-meninggal-dunia-begini-pesan-dr-agus-pranawa.

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm