Seorang tukang parkir di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, tengah mendorong mobil agar mobil lain bisa keluar, Kamis (31/7/2014). UP Perparkiran DKI Jakarta memastikan aktivitas mereka adalah ilegal.(Fabian Januarius Kuwado)
Seorang tukang parkir di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, tengah mendorong mobil agar mobil lain bisa keluar, Kamis (31/7/2014). UP Perparkiran DKI Jakarta memastikan aktivitas mereka adalah ilegal.(Fabian Januarius Kuwado) ( kompas.com)

Apakah Aman Hidupkan Mobil Mogok dengan Cara Didorong?

13 Februari 2022 21:50 WIB

SONORABANGKA.ID - Peristiwa mobil yang susah dinyalakan mesinnya memang sering terjadi di jalanan. Untuk mobil transmisi otomatis, memang disarankan jangan coba untuk didorong, karena bisa merusak komponen transmisi.

Tapi untuk mobil transmisi manual, mobil yang mogok sering didorong dalam kondisi masuk gigi lalu diangkat koplingnya untuk menyalakan mesinnya.

Cara tersebut memang dapat dilakukan sehingga mesin mobil dapat menyala kembali, tapi sebenarnya ada kerugian yang akan didapatkan oleh pemilik mobil.

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor mengatakan, menyalakan mesin dengan metode tadi memang bisa dilakukan, gaya dorong mengganti fungsi dinamo starter, tapi kalau bisa dihindari.

“Karena menggunakan gaya dorong, mungkin ada kerusakan di area transmisi dan lainnya. Kalau memakai starter kan hanya mesin saja yang bergerak,” kata Didi kepada Kompas.com belum lama ini.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Bambang Supriyadi selaku Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor. Ketika mobil didorong paksa, bisa terjadi tumbukan di gigi transmisi yang masuk.

“Permukaan giginya rusak dan akan membuat gigi transmisinya lebih cepat aus,” kata Bambang.

Efek dari gigi transmisi yang aus adalah sulitnya memasukkan gigi ketika mengemudi. Kerusakan transmisi bakal lebih parah kalau gaya dorong yang diberikan pada mobil sangat besar, bisa-bisa gigi transmisi copot.

“Misalnya didorong di jalan yang menurun, itu akan kuat dorongannya, jadi bisa membuat gigi transmisinya rompal. Berbeda dengan didorong pakai tangan di jalan yang datar,” ucapnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Amankah Hidupkan Mobil Mogok dengan Cara Didorong?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/02/13/152100115/amankah-hidupkan-mobil-mogok-dengan-cara-didorong-.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm