SONORABANGKA.ID - Adalah Ruang kerja yang ditata sesuai dengan feng shui dapat menghadirkan energi positif, dan membuat kegiatan bekerja yang lebih produktif.
Seorang konsultan feng shui bernama Laura Cerrano mengatakan, ada beberapa cara untuk menciptakan ruang kerja dengan feng shui baik, yakni sebagai berikut, seperti disitat My Domaine, Kamis (17/2/2022).
1. Tentukan niat dan fungsi ruangan
Cerrano menjelaskan, kamu perlu menentukan apa yang ingin kamu dapat saat berada di ruang kerja di rumahmu, dan apa fungsi ruangan tersebut.
Sebagai contoh, kamu berniat untuk menghabiskan sebagian besar waktu dengan menulis, mendesain web, atau melakukan hal yang berhubungan dengan akuntansi di ruang kerja tersebut.
Menentukan hal-hal tersebut, ujar Cerrano, dapat membantu menyatukan fondasi yang kuat dalam medan energi ruang kerjamu.
2. Kurangi barang yang tidak diperlukan
Selanjutnya, kurangi barang-barang yang tidak diperlukan, dan pilih furnitur yang dapat membuatmu produktif dan fokus.
“Tanya pada diri sendiri, berapa banyak furnitur fungsional yang saya inginkan untuk ditaruh di ruang kerja?” ujar Cerrano.
Menurutnya, meluangkan waktu untuk menciptakan lingkungan ruang kerja yang setingkat dengan motivasi dan pertumbuhan yang kamu bayangkan untuk diri sendiri adalah salah satu cara terbaik untuk membawa energi feng shui baik ke ruang kerja.
3. Cari posisi yang tepat untuk meja kerja
Cerrano merekomendasikan untuk meletakkan meja kerja pada posisi yang tepat, yang mana posisi tersebut akan membuatmu merasa lebih berwibawa (commanding position).
Menurut prinsip feng shui, posisi ini berarti adanya dinding kokoh di belakangmu, serta beberapa tanaman yang dikenal sebagai elemen kayu untuk menjadi penyangga.
Dia menjelaskan, posisi ini memungkinkanmu untuk melihat dan merasakan siapa dan peluang apa yang mendekat secara harfiah.
Selanjutnya, jangan letakkan meja di bawah balok plafon (ceiling beams), kipas angin, atau tepi dinding yang menonjol. Hal tersebut merupakan indikasi dari energi sha atau chi yang menguras kehidupan.
“Gejala dari perspektif feng shui dapat dikenali dengan perasaan lelah, tidak fokus, dan lebih mudah dipicu secara emosional,” ungkap Cerrano.
4. Perhatikan pencahayaan dan sirkulasi udara
Ada beberapa prinsip feng shui yang dapat diikuti untuk membawa lebih banyak energi ke dalam ruang kerjamu.
“Pastikan kamu memiliki sirkulasi udara yang baik. Saat cuaca sedang bagus, bukalah jendela. Jika tidak bisa, pertimbangkan untuk membeli air purifier, terlebih jika ruang kerjamu tidak memiliki jendela,” ujar Cerrano.
Terkait pencahayaan, penelitian dari Journal of Clinical Sleep Medicine yang mengungkapkan, cahaya alami yang memasuki ruang kerja dapat meningkatkan produktivitas.
5. Tambahkan tanaman dan foto
Cerrano menyarankan untuk menambah tanaman di ruang kerja. Mereka dapat meningkatkan energi dengan memurnikan udara, mengurangi stres, dan meningkatkan komunikasi.
“Bambu, pakis Boston, English ivy, dan pohon karet adalah pilihan yang bagus, termasuk beberapa foto dari anggota keluarga yang suportif, atau orang lain yang menginspirasimu adalah penambah energi lainnya,” tutur dia.
6. Sediakan tempat penyimpanan yang sesuai
Untuk menyediakan tempat penyimpanan yang dibutuhkan, kamu perlu memahami penggunaan ruang kerja terlebih dulu.
Kalau perlu memiliki berkas fisik, kamu dapat menaruh lemari arsip, rak buku tipe rendah, atau rak sederhana di sepanjang dinding.
Kalau lebih senang menyimpan berkas secara digital, kamu dapat menjadikan komputer dan tempat penyimpanan eksternal untuk menaruh berkas.
7. Perhatikan material furnitur
Menurut Cerrano, meja kayu berbentuk persegi panjang sering direkomendasikan di dalam feng shui. Materialnya membawa energi alami ke dalam ruanganmu.
“Jika lebih suka meja berdiri (standing desk), pertimbangkan untuk mencari tahu seputar desain kayu,” ucapnya.
Secara umum, imbuh Cerrano, ukuran, gaya, dan warna bergantung seluruhnya pada struktur ruangan dan lingkungan ruang kerja yang diinginkan.
“Sebagai tambahan, mungkin kamu ingin mempertimbangkan meja yang memiliki tepian lembut atau bulat, meski desainnya persegi panjang atau berbentuk L,” kata dia.
8. Perhatikan warna furnitur
Untuk warna, Cerrano menjelaskan bahwa hal ini bergantung pada bidang pekerjaan. Umumnya, ruang kerja yang membutuhkan tulisan, perhitungan, dan sains dapat memanfaatkan warna dinding bernuansa biru, hijau, bahkan krem.
Dari warna-warna itu, beri aksen pada ruang kerja melalui karya seni, pencahayaan, tanaman, area berkarpet, dan apa pun yang dibutuhkan untuk membantumu fokus dengan pekerjaan.
9. Tonjolkan pekerjaan secara visual
Cerrano merekomendasikan untuk menciptakan ruang kerja yang menonjolkan pekerjaanmu. Pilihan dekorasi merupakan perpanjangan energi dari apa yang kamu inginkan.
Sebagai contoh, Cerrano menampilkan peta dunia antik lantaran ingin memperluas perusahaan konsultan feng shui miliknya ke skala nasional dan internasional.
Dirinya mencatat, menentukan apa yang kamu inginkan dan menampilkannya secara visual di ruang kerja dapat memengaruhi motivasimu secara keseluruhan.
“Feng shui mendorongmu untuk belajar lebih banyak tentang dirimu, dan menemukan pengetahuan, keterampilan, dan koneksi yang perlu kamu kembangkan untuk mendorong tujuanmu,” tutur Cerrano.
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "9 Cara Menghadirkan Ruang Kerja yang Sesuai Feng Shui di Rumah", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/homey/read/2022/02/17/211200676/9-cara-menghadirkan-ruang-kerja-yang-sesuai-feng-shui-di-rumah?page=all#page2.