Butet Kartaredjasaditemui di Rumah Duka Dusun Gayam, Desa Argosari, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul, Rabu (4/11/2020).
Butet Kartaredjasaditemui di Rumah Duka Dusun Gayam, Desa Argosari, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul, Rabu (4/11/2020). ( (KOMPAS.COM/MARKUS YUWONO))

Keinginan Butet Kartaredjasa Supaya Seni Pertunjukan Indonesia Bangkit

21 Februari 2022 15:35 WIB

SONORABANGKA.ID - Seniman Butet Kartaredjasa (60) akhirnya dapat tampil di atas panggung usai hiatus beberapa tahun belakangan ini karena sakit tulang belakang yang diidapnya.

Butet berharap, kehadirannya dapat berperan luas untuk kembali menghidupkan seni pertunjukan Indonesia yang sempat tiarap karena pandemi Covid-19.

“Terlalu lama tiarap (seni pertunjukan), rindu juga. Saya dikasih usia panjang ingin bisa berperan yang luas untuk kehidupan seni pertunjukan Indonesia,” kata Butet saat dihubungi Kompas.com, Senin (21/2/2022).

Ia juga berharap, kedepannya jumlah penonton teater tidak lagi dibatasi. Sebab saat ini penonton teater yang hadir masih dibatasi 50 persen dari kapasitas gedung.

“Harapannya jumlah penonton bisa tidak dibatasi lagi sampai situasi sudah membaik. Orang yang menonton pertunjukan bisa 100 persen sesuai kapasitas gedung,” lanjut Butet.

Sementara itu, pria kelahiran 60 tahun ini juga berharap perusahaan swasta, industri hingga BUMN juga bisa mendukung seni pertunjukan agar terus bangkit.

Dengan bangkitnya seni pertunjukan, ia berharap budaya Indonesia dapat  terus dilestarikan. “Kedua, perusahaan swasta, industri dan BUMN dengan senang hati membantu seni pertunjukan . Nanti mudah-mudahan bisa dapat konfrensi pada aspek perpajakan untuk membantu seni dan budaya,”tambah  Butet.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Harapan Butet Kartaredjasa agar Seni Pertunjukan Indonesia Bangkit", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/hype/read/2022/02/21/151352466/harapan-butet-kartaredjasa-agar-seni-pertunjukan-indonesia-bangkit.

Sumberkompas
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm