Ilustrasi Perawatan Tower Xl
Ilustrasi Perawatan Tower Xl ( KOMPAS.com)

XL Matikan Seluruh Sinyal 3G Akhir Maret 2022

25 Februari 2022 16:17 WIB

SonoraBangka.ID - XL Axiata sudah mengungkapkan rencananya untuk mematikan sinyal 3G pada Januari lalu. Upaya ini sejalan dengan himbauan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Proses tersebut sudah dijalankan perusahaan. Bahkan saat ini, 5.000 BTS 3G XL Axiata sudah dimatikan. Angka tersebut akan bertambah setiap harinya karena proses shutdown layanan 3G juga dilakukan setiap hari oleh operator itu, hingga target penghujung Maret 2022.

"Jumlah BTS (3G) yang sudah kita matikan mungkin saat ini sekitar 5.000 dan tiap hari bertambah sekitar 1.000 BTS. Kita lakukan bertahap dan selesai akhir Maret," kata Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa dalam Outlook Network XL Axiata 2022 yang digelar secara virtual, Kamis (24/2/2022).

Menurut Gede, di tahun 2021, XL Axiata sebenarnya sudah mematikan layanan 3G di 22 kota. Secara total, 22.000 BTS 3G dimatikan dan dialihfungsikan menjadi BTS 4G pada tahun tersebut.

Bertambahnya jumlah BTS 3G yang dimatikan pada bulan Maret mendatang, berarti BTS 3G XL Axiata dimatikan sepenuhnya.

"Bulan depan (Maret) target kita semua 3G yang ada di jaringan XL Axiata kita matikan," kata Gede.

Upaya mematikan layanan 3G dilakukan XL Axiata untuk memindahkan trafik 3G ke 4G. Menurut Gede, layanan 3G banyak dipakai untuk telepon, alih-alih data internet.

Lagipula masyarakat juga sudah menggunakan telepon dengan data seperti penggilan WhatsApp dibanding layanan telepon dengan pulsa. Dengan mematikan layanan 3G, spektrum yang sebelumnya digunakan 3G dapat dimanfaatkan untuk memperluas layanan 4G.

"Saat ini 3G banyak dipakai untuk voice, ada (pengguna) data tapi sangat kecil, nggak signifikan. Jadi kalau shutdown 3G, tujuannya adalah karena spektrum yang sekarang digunakan 3G akan sangat efisien untuk dipakai untuk data LTE," ujar Gede.

Dorong vendor ponsel aktifkan VoLTE

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm