The Velvet Underground, 1968
The Velvet Underground, 1968 ( hai.grid.id/M.Farras)

5 Band dan Musisi Legendaris yang Nggak Akan Pernah Hadir Tanpa The Velvet Underground

1 Maret 2022 16:19 WIB

SonoraBangka.ID - The Velvet Underground kerap dilabeli sebagai proto-everything alias mbah dari lahirnya berbagai genre dalam ranah musik dan artistik.

Meski terkesan pretensius, pelabelan tersebut sama sekali nggak berlebihan menurut HAI. Lou Reed, John Cale, Sterling Morrison, Maureen Tucker adalah empat bocah nyentrik asal New York yang membentuk band ini pada 1964.

The Beatles, The Rolling Stones, atau The Kinks boleh jadi merupakan nama-nama populer yang membesarkan ranah musik rock serta alternatif.

Deretan band yang telah disebutkan di atas nggak perlu diragukan lagi deh sumbangsihnya; baik dalam menyebarkan kontra kultur budaya pop, hingga menjadi ikon untuk (so called, rock and roll).

Tapi kalo ngomongin kebaharuan, dan tentu saja keberanian untuk eksplorasi materi musik; The Velvet Underground adalah jagoannya.

Sejak terbentuk, keempat orang ini mengedepankan unsur artistik yang serba “berantakan” alias tanpa pakem untuk meramu musik yang mereka mainkan.

Hasilnya? You name it. Indie rock, glam, punk, post-punk, new wave, noise, apapun itu yang kini sering kalian sebut dengan musik edgy – adalah hasil dari keberanian mereka dalam meramu musik yang dimainkan.

Dan berdasar dari hal tersebut, estafet inspirasi pun nggak bisa terhindarkan. Banyak banget band rock terkenal yang mengaku sangat terinspirasi dari kehadiran The Velvet Underground.

Siapa aja sih emang? Simak nih di bawah 5 musisi dan band terkenal yang nggak akan pernah hadir tanpa adanya The Velvet Underground!

1. Nirvana

SumberHai Online
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm