Ilustrasi ibu dan anak
Ilustrasi ibu dan anak ( Ketut Subiyanto )

Ini Tips Memilih Sekolah Menurut Ahli, Jangan Hanya Ikut-ikutan!

4 Maret 2022 07:24 WIB

SonoraBangka.id - Bila kita punya anak yang baru mau masuk sekolah, mungkin sejak beberapa bulan lalu sudah sibuk mencari-cari sekolah untuknya.

Ya, setiap orangtua tentu ingin menyekolahkan anak di tempat terbaik, ibaratnya sampai rela ke sana-ke mari untuk mencari informasi.

Enggak jarang meskipun sudah memiliki banyak informasi, orang tua masih merasa dilema harus memilih sekolah yang mana.

Untuk Anda yang masih bingung sampai saat ini, Monic Christian, founder Tes Bakat Indonesia, memberikan tipsnya. Apa saja, ya?

1. Tujuan Orang Tua

Hal yang paling dasar, ketahui dulu tujuan kita menyekolahkan anak. Setiap orang tua bisa memiliki tujuan berbeda, terlebih kini kurikulum yang ada di Indonesia pun semakin beragam.

“Karena sekolah itu berkesinambungan dari TK sampai SMA, jadi yang harus orang tua tahu terlebih dahulu sebenarnya tujuan pendidikannya buat anak apa?” jelas Monic.

Bila ingin anak kuat di bidang agama, maka bisa mencari sekolah yang berbasis yayasan, misalnya.

Atau bila ingin si kecil sekolah di tempat yang kuat secara akademik, seperti menghafal dan berhitung, maka sekolah-sekolah unggulan hingga sekolah yang menerapkan kurikulum Cambridge bisa jadi pilihan.

Berbeda lagi jika kita ingin anak fokus kepada pengembangan karakter, lebih banyak praktik daripada teori, maka sekolah dengan kurikulum International Baccalaureate (IB) bisa jadi pilihannya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm