Ilustrasi bagian mulut tangki BBM(GridOto.com)
Ilustrasi bagian mulut tangki BBM(GridOto.com) ( kompas.com)

Mobil Diesel Zaman Sekarang Pantang Mengomsumsi Solar Kualitas Rendah

4 Maret 2022 19:16 WIB

SONORABANGKA.ID - Kendaraan Mobil diesel modern atau jaman sekarang disarankan untuk mengonsumsi solar berkualitas tinggi. Masalahnya, dengan jenis solar yang berkualitas, maka pembakaran bisa lebih sempurna.

Hanya saja masih sering kita temui pemilik mobil bermesin diesel mengisi solar berkualitas rendah. Penyebab utamanya bisa jadi karena harga lebih terjangkau.

Tapi, perlu diingat, ada dampak dan konsekuensi yang harus ditanggung pemilik kendaraan yang memaksa mobil diesel minum solar kualitas rendah.

Sebagai informasi, solar dari Pertamina saat ini terbagi menjadi tiga, yakni Bio Solar, Dexlite, dan Pertamina Dex.

Untuk kualitasnya sendiri, Bio Solar berada di urutan terbawah dengan angka setana (cetane) 48. Sementara, Dexlite angka sentananya minimal 51, dan Pertamina Dex mencapai 53.

Dealer Technical Support Dept. Head PT. Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, penggunaan solar dengan angka sentana yang rendah bisa membuat filter solar lebih cepat kotor.

Tidak hanya itu saja, solar berkualitas rendah juga mempunyai kadar sulfur air yang cukup tinggi.

“Mobil bermesin diesel saat ini rata-rata sudah menggunakan sistem common rail, apabila sulfurnya tinggi akan mengganggu kinerja dan dapat merusak,” ujar Didi, belum lama ini kepada Kompas.com.

“Akibatnya pembakaran menjadi tidak sempurna, dan bisa membuat performa mesin menurun. Tarikannya juga bisa saja terasa kurang,” lanjutnya.

Penurunan performa mesin disebabkan oleh filter solar yang kotor atau bahkan tersumbat. Bila dipaksakan, hal ini bisa saja merusak bagian mesin yang lainnya.

Tak hanya itu, pembakaran yang tidak sempurna juga akan menimbulkan gejala brebet atau mesin menjadi menggelitik.

“Gejala knocking atau ngelitik pada mesin diesel tetap ada, tapi samar-samar karena suara mesinnya sudah keras. Bagi yang sudah biasa menggunakan mobil diesel biasanya sudah bisa membedakan suaranya,” kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mobil Diesel Zaman Sekarang Pantang Minum Solar Kualitas Rendah", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/04/100200215/mobil-diesel-zaman-sekarang-pantang-minum-solar-kualitas-rendah.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm