Ilustrasi ujian praktek penerbitan SIM C. SIM C untuk pengendara apa? Perpanjang SIM C untuk pengendara motor diperlukan agar tidak dikenakan tilang. Berapa biaya perpanjang SIM C? Apa syarat perpanjang SIM C?(freepik.com)
Ilustrasi ujian praktek penerbitan SIM C. SIM C untuk pengendara apa? Perpanjang SIM C untuk pengendara motor diperlukan agar tidak dikenakan tilang. Berapa biaya perpanjang SIM C? Apa syarat perpanjang SIM C?(freepik.com) ( kompas.com)

Belajar Motor, Lebih Baik Menggunakan Manual atau Matik?

8 Maret 2022 20:07 WIB

SONORABANGKA.ID - Ketika akan belajar mengendarakan motor, pengendara motor bisa memilih untuk berlatih menggunakan motor transmisi matik ataupun transmisi manual.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, jenis motor yang sebenarnya gampang untuk dipakai berlatih adalah motor matik.

"Motor matik, karena hanya menggunakan tangan untuk mengoperasikan kendaraannya," jelas Agus pada Kompas.com, Selasa (8/3/2022).

Saat berlatih menggunakan motor matik, pengendara cuma perlu fokus pada operasional gas dan rem. Sedangkan pada motor manual, pengendara juga harus memperhatikan letak kaki dan penggunaan instrumen lain seperti rem kaki dan gigi motor.

Tapi, bila seseorang mulai belajar motor dengan motor manual, akan lebih gampang untuknya jika ingin menggunakan motor matik. Jika belajar motor matik terlebih dahulu, penyesuaian membawa motor manual akan lebih sulit.

Perlu ada pembiasaan terlebih dahulu, tapi akan terlampau lebih mudah jika seseorang yang belajar motor manual ingin membawa motor matik.

"Menggunakan motor manual (untuk berlatih) juga lebih baik lagi, sehingga pengendara bisa pindah ke motor matik tanpa harus belajar ulang. Haya sedikit beradaptasi saja dengan instrumen di motor tersebut," ujar Agus.

Apapun motor yang dipilih, Agus menekankan pentingnya perlengkapan berkendara yang dipakai. Tujuannya, agar pengendara motor terbiasa untuk memakai perlengkapan tersebut saat nanti sudah berkendara ke jalan raya.

Tidak sedikit orang tidak terbiasa menggunakan riding gear yang lengkap, seperti sepatu khusus berkendara, helm, jaket hingga sarung tangan. Padahal, perlengkapan ini sangat berguna untuk menjaga tubuh pengendara saat terjadi kecelakaan.

"Yang paling penting, ketika belajar berkendara, pengendara harus selalu diingatkan bahwa perlengkapan berkendara atau riding gear merupakan peralatan yang sangat penting untuk digunakan ketika berkendara, agar mereka terbiasa untuk menggunakannya ketika berkendara di jalan raya," tegas Agus.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Belajar Motor, Lebih Baik Pakai Manual atau Matik?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/08/173100815/belajar-motor-lebih-baik-pakai-manual-atau-matik-.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm