Ilustrasi self love
Ilustrasi self love ( freepik.com)

Tips dari Psikolog Ayoe Sutomo: Belajar Mencintai Diri Sendiri Demi Cegah Depresi

9 Maret 2022 19:59 WIB

SonoraBangka.idMencintai diri sendiri adalah cara kita untuk lebih menghargai, memperlakukan, dan menerima diri sendiri dengan baik, tanpa merugikan orang lain.

Ya, kesadaran akan pentingnya self-love atau mencintai diri sendiri sudah mulai digaungkan oleh banyak orang.

Pasalnya, mencintai diri sendiri merupakan salah satu aspek penting untuk menjaga kesehatan mental kita.

Apalagi, selama pandemi kita terlalu sibuk memikirkan segala hal yang tidak pasti, sehingga membuat kita lupa bahwa diri kita berharga.

Belum lagi, tanggung jawab yang kita emban selama masa pandemi ini bisa lebih berat.

Untuk perempuan, kita yang memiliki anak harus punya waktu ekstra membimbing anak sekolah online sambil melakukan work from home, masak, dan lain-lain.

Hal tersebut sangatlah mungkin memicu kita merasa stres hingga berada dalam bayang-bayang depresi.

Lantas, apa perbedaan stres dan depresi sendiri? Apakah keduanya berhubungan erat?

“Depresi itu masuknya ke dalam kategori gangguan suasana hati, di mana individu yang mengalami gangguan tersebut, yang mendominasi perasaan atau suasana hatinya adalah mood depressed atau tertekan, sehingga rasanya sedih terus-terusan tanpa ada faktor pemicu,” ujar Ayoe Sutomo, M.Psi., penulis buku parenting sekaligus psikolog anak, remaja, dan keluarga.  

Ayoe juga menambahkan, saat kita mengalami depresi, kita akan tetap merasa sedih walaupun sudah melakukan hal-hal yang seharusnya menyenangkan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm