Ilustrasi mengantuk saat berkendara.(albayan)
Ilustrasi mengantuk saat berkendara.(albayan) ( kompas.com)

Ingat Bahaya Tidur di Dalam Mobil Dengan AC Yang Menyala

15 Maret 2022 18:43 WIB

SONORABANGKA.ID - Keadaan Mengantuk saat mengendarai mobil menjadi kondisi yang rentan terjadi pada banyak pengemudi.

Mengendarai mobil perjalanan jauh atau sedang menunggu seseorang di dalam kendaraan menjadi hal yang membosankan bagi pengemudi.

Alhasil banyak yang memilih kabin mobil untuk tidur atau beristirahat. Dengan menghidupkan AC, kabin mobil menjadi tempat nyaman dan sejuk untuk tidur.

Tapi, ada bahaya yang mengintai dari kebiasaan tersebut. Telah banyak kejadian korban yang kehilangan nyawa saat tidur di dalam mobil dengan AC yang menyala.

Director Training The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan jika tidur di mobil saat AC mati akan membuat seseorang kehilangan nyawa adalah sebuah fakta.

“Kematian seseorang bisa terjadi karena keracunan gas CO yang terkonsentrasi di dalam kabin kendaraan,” kata Marcell baru- baru ini pada Kompas.com.

Gas CO adalah gas karbon monoksida yang berbahaya bagi kesehatan. Bila terlalu banyak menghirup gas ini, akan membuat pernapasan seseorang bermasalah dan keracunan.

Marcell menjelaskan keracunan gas yang terjadi saat seseorang tidur di dalam mobil dapat terjadi kalau ada kebocoran gas buang masuk kedalam kabin.

Bila seseorang tidur di dalam mobil akan keracunan CO, lalu membuat oksigen di dalam tubuh menjadi minim. Alhasil ini dapat menyebabkan beberapa dampak berbahaya.

Mulai dari kelesuan, mengantuk, kebingungan, detak jantung cepat, kelelahan, mual, muntah, pingsan, kejang dan keadaan parahnya adalah kematian.

Ini sangatlah berbahaya dan tidak bisa dianggap remeh. Tapi banyak masyarakat sering melakukan kecerobohan yang sangat merugikan dan fatal ini.

Oleh karena itu sangat dihimbau agar tidak tidur dalam mobil saat keadaan AC nyala. Bila memang ingin tidur di dalam mobil, pengendara harus mematikan AC.

“ Kalau ingin tidur di dalam mobil, harus pastikan di tempat aman dan buka jendela selebar 5cm,” kata Marcell.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ingat Bahaya Tidur di Dalam Mobil Saat AC Menyala", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/15/104200015/ingat-bahaya-tidur-di-dalam-mobil-saat-ac-menyala.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm