Ilustrasi memegang setir dengan kedua tangan(IndriTraveller/Toyota Astra)
Ilustrasi memegang setir dengan kedua tangan(IndriTraveller/Toyota Astra) ( kompas.com)

Kenali Gejala Dari Setir Mobil Speleng

15 Maret 2022 19:53 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Istilah setir mobil speleng sering terdengar di dunia otomotif. Tapi masih banyak yang tidak mengetahui arti dari istilah tersebut.

Setir mobil speleng sering dipakai untuk menggambarkan keadaan kemudi mobil yang susah dikendalikan. Saat setir mobil speleng, laju mobil akan goyang dan susah dikendalikan.

Alhasil pada saat mengendarai mobil akan sangat tidak nyaman dan tidak aman. Setir mobil yang tidak bisa dikendalikan menjadi tanda bila mobil tidak dalam keadaan prima. Mobil yang sulit dikendalikan akan sangat berbahaya bagi keselamatan berkendara.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan kalau ada dua ciri-ciri setir mobil speleng.

“Ada dua hal yang bisa dikenali jika setir mobil speleng. Pertama ban bergetar namun posisi setir lurus. Kedua posisi setir cenderung ke kiri atau kanan,” kata Didi baru-baru ini pada Kompas.com.

Didi menjelaskan kalau ciri-ciri setir mobil speleng yang pertama dapat disebabkan karena velg dan ban yang tidak seimbang.

Maka dari itu, mobil harus di balance guna menghilangkan getaran. Metode ini dilakukan dengan menambah timah mesin menggunakan balance roda.

Sementara itu, pada ciri-ciri yang kedua dimana setir mobil cenderung ke kiri atau kanan berkaitan dengan ban. Maka dari itu Didi menyarankan beberapa langkah sederhana yaitu  memeriksa tekanan ban apakah sesuai standar, lalu cek permukaan ban.

Kemudian cek komponen roda depan dan setir apakah ada bagian ban yang aus atau rusak. Kalau ada yang bermasalah atau tidak wajar, maka harus segera di bawa ke bengkel atau ahlinya untuk dilakukan spooring.

“Lakukan penyetelan dengan alat spooring, sehingga posisi ban sesuai dengan nilai standarnya,” kata Didi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kenali Gejala Setir Mobil Speleng", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/15/191104615/kenali-gejala-setir-mobil-speleng.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm