Internet 5G teknologi
Internet 5G teknologi ( pixbay)

5 Fakta soal Teknologi 5G, Yuk Kita Simak

21 Maret 2022 17:09 WIB

SonoraBangka.ID -  Teknologi jaringan seluler terbaru 5G mungkin sudah tidak asing lagi di Indonesia. Sejak dilaksanakannya ULO (Uji Laik Operasi) 5G pada Mei 2021 oleh Kementerian Kominfo, berarti terhitung hampir setahun sudah kehadiran teknologi 5G di Indonesia.

Menyusul dilaksanakannya ULO tersebut, kini terdapat tiga perusahaan penyedia layanan jaringan seluler yang sudah mengantongi SKLO (Surat Keterangan Laik Operasi) 5G, yaitu Telkomsel, XL Axiata, dan Indosat Ooredoo Hutchison.

Dengan SKLO tersebut, tiga operator itu saat ini sudah mulai menggelar layanan jaringan seluler 5G di Indonesia, meski masih dengan cakupan wilayah yang terbatas hanya di kota besar dengan titik akses yang tidaklah luas.

Kemudian, hal yang membuat teknologi 5G di Indonesia menjadi tidak asing lagi, salah satunya juga karena mulai banyak perangkat yang mendukung jaringan seluler terbaru ini.

Pabrikan ponsel besar, seperti Samsung, Xiaomi, atau Oppo, telah menggelontorkan beberapa ponsel di Indonesia, yang sudah mendapat dukungan konektivitas jaringan seluler 5G.

Hiruk pikuk pembicaraan penggunaan teknologi 5G di Indonesia juga mulai terjadi akhir-akhir ini. Pembicaraan yang mungkin paling sering terdengar dari penggunaan teknologi 5G adalah kecepatan akses internetnya yang lebih kencang ketimbang jaringan 4G.

Persoalan akses internet yang lebih kencang itu sebenarnya hal yang lumrah. Layaknya dulu jaringan 4G yang hadir setelah 3G atau kehadiran jaringan 3G setelah 2G. Sebagai perbandingan, 5G punya kecepatan akses internet maksimal sebesar 10 Gbps.

Sementara kecepatan akses internet maksimal jaringan 4G adalah 50 Mbps. Kemudian dua jaringan seluler yang lebih lama, yakni 3G dan 2G, masing-masing punya kecepatan akses internet maksimal yakni 8 Mpbs dan 50 Kbps, sebagaimana dilansir RantCell.

Peningkatan teknologi jaringan seluler memang selalu membawa unsur kecepatan akses internet. Di sisi lain, sebenarnya ada pembahasan yang cukup penting dari sekadar kecepatan akses internet pada jaringan 5G.

Berikut ini rangkumkan 5 fakta 5G yang perlu diketahui.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm