Dashboard Toyota Hilux Facelift(KOMPAS.com/ADITYO WISNU)
Dashboard Toyota Hilux Facelift(KOMPAS.com/ADITYO WISNU) ( kompas.com)

Ciri Ban Kurang angin Saat Berkendara, Setiir Mobil Terasa Berat

24 Maret 2022 20:27 WIB

SONORABANGKA.ID - Merupakan Setir mobil yang berat sering menjadi masalah bagi pengemudi. Kejadian ini bisa tiba-tiba menimpa kendaraan kapan saja dan dimana saja.

Bila dibiarkan, setir mobil yang berat akan menjadi pontesi masalah yang fatal. Setir mobil berat membuat mobil sulit dikendalikan, dan pada akhirnya akan mengganggu keselamatan berkendara.

Biasanya power steering yang bermasalah membuat kemudi mobil sulit digerakkan.

Sebagai informasi, power steering berfungsi meringankan kemudi ketika diputar untuk menggerakan roda depan mobil.

Tapi, permasalahan setir mobil yang berat ternyata bisa juga disebabkan oleh ban mobil yang kurang tekanan udara.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan bila kondisi ban mobil kurang angin mempengaruhi performa setir mobil.

Ban mobil yang kempis atau kurang angin, menyebabkan tapak ban yang menempel ke jalan semakin lebar,” kata Didi pada Kompas.com baru-baru ini.

Ban mobil yang kempis akan membuat mobil susah dikendalikan. Hal ini dikarenakan saat ban kurang angin membuat tekanan mobil semakin berat. Hal inilah yang menjadi pemicu masalah pada power steering.

Maka dari itu, untuk menghindari risiko setir kemudi berat, hendaknya pemilik mobil memeriksa kondisi ban mobil.

Selalu periksa tekanan udara ban secara berkala. Jika udara pada ban mulai berkurang atau habis, segera lakukan pengisian angin pada ban.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ciri Ban Kempis Saat Berkendara, Setiir Mobil Terasa Berat", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/24/191100415/ciri-ban-kempis-saat-berkendara-setiir-mobil-terasa-berat.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm