Mad Season
Mad Season ( hai.grid.id/Rainaldy)

Mengenal Mad Season, Supergroup Grunge Seattle yang Cuma Punya Satu Album

6 April 2022 06:45 WIB

SonoraBangka.ID - Mad Season adalah sebuah proyek supergrup dari band-band Seattle Grunge Scene.

Personel dari band ini adalah gitaris Mike McCready dari Pearl Jam, vokalis Layne Staley dari Alice in Chains, drummer Barrett Martin dari Screaming Trees, dan basis John Baker Saunders.

Mad Season hanya punya satu album, ‘Above’ yang rilis di tahun 1995 bulan Maret.

Sejarah berdirinya supergrup ini diawali di tahun 1994 saat Mike McCready pergi ke panti rehabilitasi alkohol dan narkoba di Hazelden Clinic di Minnesota dan bertemu John Baker Saunders.

Dan ketika keduanya kembali ke Seattle, akhirnya mereka membentuk band side project bareng drummer Barrett Martin. 

Belum memiliki vokalis, akhirnya Mike membawa seorang teman yaitu Layne Staley dari Alice in Chains dengan harapan ia mau menjadi vokalis Mad Season dan dengan dikelilingi musisi yang sudah sembuh dan bersih dari narkoba, Mike juga berharap hal ini bisa membuat Layne keluar dari jerat obat-obatan terlarang itu.

 
 

Pada tahun 1995, mereka sepakat untuk merekam album dan menamai band mereka ‘Mad Season’ yang berasal dari terminologi bahasa Inggris yang menunjukkan waktu dalam satu tahun ketika jamur psylocibin sedang berbunga.

Album Above yang direkam di Bad Animals Studio, Seattle milik Ann dan Nancy Wilson dari Heart. Album ini juga melibatkan vokalis Screaming Trees, Mark Lanegan sebagai vokal tamu dan tambahan.

Album Above rilis pada tanggal 14 Maret 1995 melalui Columbia Records dan berhasil menempati urutan 24 di Billboard 200. Namun tak lama setelah itu, Mad Season melakukan beberapa show yang tak lama kemudian akhirnya bubar di tahun 1996.

Dan keadaan Mad Season memburuk setelah itu, Di saat kesehatan Layne Staley semakin parah akibat penyalahgunaan narkoba, di tahun 1999 bassist John Baker Saunders ditemukan meninggal dunia akibat overdosis heroin. Lalu disusul kematian Layne pada tanggal 5 April 2002. 

SumberHAI Online
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm