Juru Bicara Kemlu Teuku Faizasyah
Juru Bicara Kemlu Teuku Faizasyah ( KOMPAS.com)

Kemenlu Enggan Komentari Pernyataan Menkeu AS yang Ancam Tak Ikut Agenda G20

7 April 2022 16:26 WIB

SonoraBangka.ID - Kementerian Luar Negeri RI (Kemenlu RI) enggan memberikan komentar terkait pernyataan Menteri Keuangan Amerika Serikat Janet Yellen yang mengancam tak akan mengikuti agenda G20 di Indonesia bila terdapat perwakilan dari Rusia.

Pernyataan Yellen tersebut diungkapkan saat ia menghadiri sidang Komite Jasa Keuangan DPR AS pada Rabu (6/4/2022) waktu setempat.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah mengungkapkan, pihaknya mencermati pernyataan Menkeu AS tersebut, namun tak ingin berkomentar lebih jauh.

"Kita memiliki kebijakan untuk tidak mengomentari statement yang disampaikan tersebut. Tidak semua pernyataan perlu direspon," ujar dia dalam press briefing yang dilakukan secara virtual, Kamis (7/4/2022).

Namun demikian, pihaknya menegaskan, pada pertemuan tingkat menteri keuangan dan bank sentral anggota G20 yang rencananya akan dilakukan di Washington pada 20-21 April mendatang, pihak Kementerian Keuangan telah melakukan berbagai persiapan.

Pertemuan pada 20-21 April di Washington tersebut dilakukan di sela-sela penyelenggaraan IMF-World Bank Spring Meetings.

"Dari sisi persiapan Kemenkeu terus mempersiapkan untuk bisa berhasil dalam penyelenggaraan acara," ujar Faizasyah.

Diberitakan sebelumnya, Menkeu AS Janet Yellen menegaskan pernyataan Presiden AS Joe Biden yang sebelumnya sempat mengatakan ingin Rusia keluar dari forum G20.

"Presiden Biden menjelaskan, dan saya tentu setuju dengannya, bahwa itu tidak bisa menjadi bisnis seperti biasa bagi Rusia di lembaga keuangan mana pun,” kata Yellen.

“Dia meminta agar Rusia dikeluarkan dari G20, dan saya telah menjelaskan kepada rekan-rekan saya di Indonesia bahwa kami tidak akan berpartisipasi dalam sejumlah pertemuan jika Rusia ada di sana,” kata Yellen.

Adapun Faizasyah mengatakan, terkait dengan penyelenggaraan KTT G20 yang rencananya diselenggarakan di Bali pada November mendatang, seluruh undangan telah dikirimkan kepada anggota G20 sejak 22 Februari 2022 lalu.

Pihaknya pun mengatakan, Indonesia tetap berharap seluruh anggota G20 bisa hadir dalam setiap pertemuan yang diadakan dalam rangkaian G20, baik itu pada pertemuan financial track maupun sherpa track.

"Indonesia menjalankan presidensi dengan tetap mengharapkan kehadiran seluruh anggota G20 dalam berbagai pertemuan, baik financial track dan sherpa track," ucap Faizasyah.


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kemenlu Enggan Komentari Pernyataan Menkeu AS yang Ancam Tak Ikut Agenda G20", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2022/04/07/16011961/kemenlu-enggan-komentari-pernyataan-menkeu-as-yang-ancam-tak-ikut-agenda-g20.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm