Kepadatan lalu lintas di Tol Cikampek
Kepadatan lalu lintas di Tol Cikampek ( (KOMPAS.com))

Jumlah Pemudik Capai 85,5 Juta, Kendaraan Pribadi Akan Mendominasi

9 April 2022 08:49 WIB

SONORABANGKA.ID - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi masyarakat yang bakal melakukan perjalanan mudik Lebaran tahun ini mencapai 85,5 juta orang.

Jumlah tersebut bertambah dari dua hasil survei sebelumnya yang masing-masing sebanyak 79,4 pemudik dan 55 juta orang ketika awal pengukuran.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan, jumlah 85,5 juta orang pemudik didapat dari hasil survei terakhir yang dilakukan setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi lampu hijau mudik Lebaran.

"Bisa dimaklumi karena dua tahun ini mudik tidak diperbolehkan. Tentu banyak masyarakat yang sudah rindu kampung halaman, ini yang kemudian animo perjalanan mudik akan sangat meningkat," ucap Adita, dalam virtual Media Breafing, Jumat (8/4/2022).

Lebih lanjut Adita menyebutkan, dari hasil surveri terakhir dengan jumlah 85,5 juta pemudik tersebut, 14,3 juta berasal dari wilayah Jabodetabek. Sementara untuk pilihan moda transportasi perjalanan mudik Lebaran 2022, berdasarkan hasil survei akan didominasi angkutan darat.

Palinga utama yaitu kendaraan pribadi, baik mobil atau sepeda motor, kemudian disusul dengan jenis angkutan umum seperti bus, travel, dan lainnya.

"Ini sesuatu yang harus diantisipasi mengingat angka 85,5 juta orang pemudik tersebut bukan sedikit, dan kita sudah 2 tahun tak melaksanakan mudik," kata Adita.

"Adapun tujuan provinsi asal pemudik terbesar dari Jawa Timur, Jabodetabek, dan Jawa Tengah. Untuk tujuan mudik, seperti pola tahun-tahun sebelumnya kota utama adalah Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat," ucapnya.

Lebih lanjut terkait prediksi arus mudik dari hasil survei, diperkirakan puncaknya bakal terjadi pada 29-30 April 2022 antar pukul 07.00 WIB - 09.00 WIB. Untuk arus balik akan terjadi pada 8 Mei.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jumlah Pemudik Naik Jadi 85,5 Juta, Kendaraan Pribadi Mendominasi", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2022/04/09/071200515/jumlah-pemudik-naik-jadi-85-5-juta-kendaraan-pribadi-mendominasi.

Sumberkompas
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm