Kepala Biro Operasi (Karo Ops) Polda Kepulauan Bangka Belitung, Kombes Pol Pontjo Soediantoko
Kepala Biro Operasi (Karo Ops) Polda Kepulauan Bangka Belitung, Kombes Pol Pontjo Soediantoko ( (Bangkapos.com/Jhoni Kurniawan) )

Polda Babel Siap Lakukan Pemetaan dan Pengamanan Kegiatan Masyarakat Jelang Idul Fitri 1443 H

13 April 2022 15:57 WIB

SONORABANGKA.ID - Menjelang Idulfitri 1443 Hijriyah, Kepolisian Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung saat ini mulai melakukan pemetaan dan penyusunan kegiatan untuk membantu kelancaran sekaligus pengawasan kegiatan masyarakat.

Kepala Biro Operasi (Karo Ops) Polda Kepulauan Bangka Belitung, Kombes (Pol) Pontjo Soediantoko, Rabu (13/4/2022) menyebutkan persiapan demi persiapan sudah dilakukan termasuk penyusunan kegiatan baik pengamanan lalu lintas di jalan raya hingga penyiapan pos-pos lalu lintas, pengamanan dan pelayanan.

"Sesuai dengan arahan Kapolda Babel, operasi ini memang harus segera disiapkan, termasuk rencana rapat koordinasi dengan sektor-sektor terkait yang berkatian dengan dukungan dalam hal pengamanan jelang Idulfitri. Selain itu juga penyusunan persiapan dan kemudian mengkaji kembali untuk pos-pos pengamanan maupun pos pelayanan," kata Kombes Pol Pontjo Soediantoko kepada Bangkapos.com pada Rabu (13/4/2022).

Pihaknya lanjut Pontjo ikut memperkirakan adanya peningkatan aktivitas masyarakat saat liburan lebaran jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

"Saat ini mungkin mencapai 80 persen peningkatan aktivitas masyarakat jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya karena kemungkinan yang pertama masyarakat kita sudah banyak yang sudah booster, yang ke dua juga sudah ada kelonggaran ataupun pengetatan kegiatan masyarakat tidak seketat tahun-tahun kemarin," ujar  Pontjo.

Guna membantu kelancaran dan keamanan kegiatan masyarakat menjelang dan setelah lebaran, kepolisian juga akan melakukan pendirian pos pengamanan (pospam) dan pos pelayanan (posyan).

Namun demikian ia juga menyebutkan belum dapat memastikan apakah di tahun ini ada penambahan ataupun pengurangan pospam dan posyan lantaran saat ini masih dalam proses penyusunan.

"Untuk jumlahnya (pospam dan posyan -red) itu masih melihat bagaimana kondisi wilayah dan juga tergantung dari aktivitas masyarakat yang ada," ungkapnya.

Tahun-tahun sebelumnya, Pospam dan Posyan didirikan di setiap titik yang telah ditetapkan dimulai tiga hari sebelum lebaran dan tiga hari pasca lebaran.

Mengenai sasarannya, Pontjo mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk tetap memberikan rasa aman bagi masyarakat yang akan merayakan Idulfitri sekaligus merayakan libur lebaran.

Sementara itu juga bertujuan untuk tetap menginginkan masyarakat agar tetap waspada dengan tetap menerapkan protokol kesehatan demi mencegah penyebaran Covid-19 yang kini belum berakhir. 

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Jelang Idulfitri 1443 Hijriah, Polda Babel Siap Lakukan Pemetaan dan Pengamanan Kegiatan Masyarakat, https://bangka.tribunnews.com/2022/04/13/jelang-idulfitri-1443-hijriah-polda-babel-siap-lakukan-pemetaan-dan-pengamanan-kegiatan-masyarakat.

Sumberbangka pos
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm