Penjual dengan username GOD mengklaim memiliki data 700 juta pengguna LinkedIn dan dijual di situs RaidForums
Penjual dengan username GOD mengklaim memiliki data 700 juta pengguna LinkedIn dan dijual di situs RaidForums ( KOMPAS.com)

Forum Hacker RaidForums Ditutup, Pendirinya Ditangkap

16 April 2022 17:44 WIB

SonoraBangka.ID - RaidForums, situs web forum diskusi yang biasa dipakai untuk berbagi informasi seputar pembobolan, peretasan, dan jual beli data pribadi di internet, resmi ditutup.

Hal ini disampaikan oleh badan kepolisian siber Eropa, European Cybercryme Centre (EC3), melalui akun Twitter mereka dengan handle @EC3Europol.

"Situs jual beli ilegal RaidForums resmi ditutup. Pemilik website tersebut, begitu juga dua rekannya sudah ditangkap," tulis EC3.

Nama RaidForums mulai dikenal di Indonesia seiring dengan berbagai kasus kebocoran data pelanggan, seperti yang dialami Tokopedia dan Bukalapak pada 2020.

Adapun pembuat website tersebut, yaitu Diego Santos Coelho (21), warga negara Portugal, sudah ditangkap di Inggris pada 31 Januari lalu.

Menurut pengadilan AS, saat ini Coelho masih ditahan dan harus melalui proses hukum, sebelum akhirnya diekstradisi.

Selain Coelho, lembaga kriminal nasional (National Crime Agency/NCA) Inggris juga menangkap suspek lainnya yang diduga berhubungan dengan RaidForums pada Maret lalu di Croydon, Inggris. 

Pada saat penangkapan di Kota Croydon, pihak kepolisian menyita uang tunai sekitar 5.000 poundsterling (sekitar Rp 94 juta), ribuan uang tunai dalam kurs dollar AS, serta sejumlah aset kripto yang ia miliki.

Sebelum adanya proses penangkapan dan pemblokiran ini, pihak kepolisian dari berbagai negara di dunia, seperti Amerika Serikat (AS), Inggris, Jerman, Swedia, Portugal, dan Romania, telah melakukan investigasi gabungan terkait operasional RaidForums.

Di bawah payung "Operation Tourniquet", mereka perlahan mulai menangkap sejumlah pelaku kejahatan siber yang berhubungan dengan RaidForums, yang berujung pemblokirannya oleh EC3 per 12 April ini.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm