Apa benar ayam jantan hanya berkokok pada pagi hari.
Apa benar ayam jantan hanya berkokok pada pagi hari. ( )

Benarkah Ayam Jantan Hanya Berkokok pada Pagi Hari ?

18 April 2022 06:11 WIB

Bangkasonora.ID - Apakah teman-teman pernah membaca kisah dongeng Sangkuriang dan Roro Jonggrang?

Di dalam cerita dongeng tersebut, Sangkuriang harus menghentikan kegiatannya membuat danau untuk Dayang Sumbi karena hari sudah pagi dengan ditandai ayam berkokok dan Matahari mulai terbit.

Begitu juga di dalam cerita Roro Jonggrang, Bandung Bondowoso harus segera berhenti membuat candi karena ayam sudah berkokok dan kegiatan pada pagi hari sudah di mulai.

Namun, benarkah ayam jantan hanya berkokok di pagi hari? Bagaimana caranya ayam jantan tahu kalau Matahari sebentar lagi akan terbit? Untuk mengetahuinya, simak penjelasan ini, yuk! 

Alasan Ayam Jantan Berkokok 

Sebenarnya, ayam jantan tidak hanya berkokok pada pagi hari saja, lo. Mereka akan berkokok sepanjang hari, baik malam, pagi, atau siang hari.

Jadi, jika ada ayam jantan berkokok pada malam hari, itu tandanya mereka terganggu oleh cahaya lampu atau suara bising karena dianggap sebagai ancaman dari musuh.

Berikut ini alasannya kenapa ayam jantan selalu berkokok.

1. Menandai Wilayah

Alasan pertama kenapa ayam jantan berkokok adalah untuk menandai wilayah mereka. Sebelum ayam dijadikan hewan ternak, mereka hidup secara liar di dalam hutan dan banyak ditemukan di wilayah Asia Tenggara.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm