Anggota DPRD Kep. Bangka Belitung (Babel), Johansen Tumanggor
Anggota DPRD Kep. Bangka Belitung (Babel), Johansen Tumanggor ( Sonorabangka.id/ Yudi)

Johansen Tumanggor Ajak Masyarakat Tumbuhkan Ekonomi Lewat UMKM

18 April 2022 09:58 WIB

SONORABANGKA.ID - Anggota DPRD Kep. Bangka Belitung (Babel), Johansen Tumanggor mengajak semua masyarakat untuk lebih berani dan semangat dalam membuka usaha.

Hal itu diungkapkan Johansen kepada Sonorabangka.id usai melaksanakan sosialisasi penyebarluasan peraturan daerah (perda) provinsi Babel Nomor 13 Tahun 2017 tentang Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Kecil, di Hotel Grand Vella, pada Sabtu (16/4/2022) sore.

"Yang penting, ketika kita membuka usaha, yang paling utama barang yang kita jual itu harus berkualitas. Misalnya kalau jualan kue, ya kuenya enak, kalau buka bengkel yang bagus, jadi konsumen itu puas," kata Johansen.

Dengan adanya acara ini, DPRD Babel berharap, Pemerintah bisa ikut andil untuk bisa menjamin modal bagi usaha kecil yaitu 10 Juta tanpa anggunan yang dijamin oleh Jamkrida.

"Itu juga kita sampaikan ke masyarakat, karena mungkin masih banyak masyarakat yang belum tahu bahwa jika kekurangan modal, mereka nanti bisa meminjam modal ke Bank Sumsel, tapi harus jelas usahanya apa dan jelas semua surat2nya ya," tutur Johansen.

Ia juga berharap, semua pihak bisa mendukung pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menebgah (UMKM), termasuk Kadin serta pihak-pihak terkait lainnya.

"Sebenernya Dinas Koperasi dan UMKM pun saya rasa siap untuk membantu dalam pemasaran-pemasaran produk lokal kita. Kita pun selalu mendukung kok, walaupun anggaran kita memang sifatnya terbatas, tapi DPRD Babel selalu mendukung apa yang kiranya dibutuhkan oleh OPD terkait dalam memberdayakan UMKM ini," jelasnya.

Lebih lanjut, Johansen mengimbau agar masyarakat memanfaatkan fasilitas KUR yang sudah disiapkan oleh semua Bank BUMN dengan anggaran yang luar biasa untuk menumbuhkan ekonomi usaha kecil.

"Jadi, Perda UMKM ini dibuat tujuannya adalah supaya masyarakat bisa menumbuhkembangkan ekonomi dengan usaha sendiri. Jangan lagi hanya fokus cari kerja. Kita sekarang harus menjadi pencipta-pencipta lapangan kerja. Jangan takut lagi, apapun latar belakang pendidikan kita, yang penting semangat untuk berusaha," pungkasnya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm