Pedagang daging ayam di Pasar Induk Pembangunan kota Pangkalpinang
Pedagang daging ayam di Pasar Induk Pembangunan kota Pangkalpinang ( Bangkapos.com/Sela Agustika)

Harga Ayam Boiler Kini Rp42.000 Perkg, Diprediksi Harga Bakal Naik Lagi H-5 Jelang Lebaran

22 April 2022 16:29 WIB

SONORABANGKA.ID - Dua pekan menjelang lebaran, harga daging ayam dan daging sapi di pasar Induk Pembangunan kota Pangkalpinang melonjak.

Kenaikan harga ini  diprediksi bakal kembali terjadi H-7 jelang lebaran.

Hatemidawati (56) mengatakan, jika kenaikan harga ayam ini sudah terjadi sejak dua hari lalu. Dimana harga daging ayam hari ini (22/4/2022) berada di harga Rp42.000 per kilogram.

"Sebelumnya harga ayam ini Rp40.000 sekarang ini naik jadi Rp42.000 karena memang kita ambil juga naik, bahkan biasanya harga ayam ini akan naik kembali mendekati lima hari sebelum lebaran,"kata  Hatemidawati kepada Bangkapos.com, Kamis (22/4/2022).

Ia menuturkan, pembeli daging ayam pun saat ini terjadi penurunan dibandingkan awal pertama bulan ramadan.

"Kemarin awal-awal sehari sebelum ramadan pembeli ada peningkatan daging ayam bisa terjual 40 kg sampai 50 kg, sedangkan untuk hari normal seperti sekrang ini turun , rata-rata dibawah 50 kg," ucap Hatemidawati.

Kenaikan harga jual daging ayam ini pun juga diungkapkan oleh pedagang lainnya, Vero. Dimana kini harga jual daging ayam ini Rp40.000 per kilogram, sedangkan untuk daging ayam bersih Rp 45,000 perkilogram.

Naiknya harga ayam ini pun dirasakan dampaknya, bahkan ia mengatakan penjualannya  menurun drastis dari hari-hari normal sebelumnya.

"Dua hari ni harga ayam naik lagi. Penjualan selama ramadan juga sepi, sehari cuma 100 kilo. Biasanya ayam ini bisa terjual hingga 500 kg per hari," ujarnya.

Sandra pembeli daging ayam ini pun menyebut dengan harga ayam yang tinggi ini membuat dirinya mengurangi pembelian daging dari porsi biasnaya.

"Harga tinggi saat ini, kita yang dagang kue ini kan pake ayam untuk isinya, jadi kalo harga mahal ya mau gak mau kurangi isi toping dari biasanya, karena untuk naikan harga jualan juga belum memungkinkan," ucap Sandra.

Ia berharap harga daging ayam dan kebutuhan pokok ini dapat kembali normal.

"Harapan kita bahan pokok ini bisa kembali normal, apalagi jelang lebaran yang identik naik semua. Semoga pemerintah bisa mengatasi kenaikan harga ini," tambah Sandra.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Harga Ayam Boiler Rp42.000 Per Kilogram, Diprediksi Harga akan Kembali Naik H-5 Jelang Lebaran, https://bangka.tribunnews.com/2022/04/22/harga-ayam-boiler-rp42000-per-kilogram-diprediksi-harga-akan-kembali-naik-h-5-jelang-lebaran.

Sumberbangka pos
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm