Petugas Kemenag DKI Jakarta saat melakukan pemantauan hilal untuk menentukan 1 Ramadhan, beberapa waktu lalu. Tahun ini, Kementerian Agama RI akan menggelar sidang isbat penentuan awal puasa Ramadhan 1443 H pada Jumat 1 April 2022.
Petugas Kemenag DKI Jakarta saat melakukan pemantauan hilal untuk menentukan 1 Ramadhan, beberapa waktu lalu. Tahun ini, Kementerian Agama RI akan menggelar sidang isbat penentuan awal puasa Ramadhan 1443 H pada Jumat 1 April 2022. ( WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA)

Lebaran Idulfitri 1443 H Akan Serentak, BMKG Sebut Hilal Berpotensi Terlihat Pada 1 Mei

23 April 2022 06:29 WIB

SONORABANGKA.ID - Hilal berpotensi sudah terlihat pada Minggu 1 Mei 2022 mendatang.

Namun, hasil rukyat hilal nanti tergantung kondisi cuaca saat pengamatan di setiap lokasi.

Bila prediksi nanti benar, maka Hari Raya Idulfitri 1 Syawal 1443 H jatuh pada hari Senin 2 Mei 2022.

Dengan demikian perayaan lebaran tahun ini akan sama dengan Muhammadiyah.

Prediksi hilal berpotensi terlihat pada 1 Mei merupakan hasil pengamatan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika(BMKG).

Dikutip dari Tribunnews.com, BMKG melaksanakan pengamatan/observasi (rukyat) Hilal setiap awal bulan Hijriah (minimal 12 kali dalam satu tahun).

Mekanisme yang digunakan ialah menggunakan teleskop/teropong terkomputerisasi yang dipadukan dengan teknologi informasi.

Pengamatan dilakukan untuk menyambut kedatangan bulan Syawal 1443 H, BMKG sudah mempersiapkan layanan informasi seperti data-data hisab hilal dan rencana pengamatan (rukyat) hilal di seluruh Indonesia dan bekerja sama dengan Kementerian Agama (Kemenag), ormas-ormas Islam dan berbagai elemen masyarakat.

Kepala Pusat Seismologi Teknik, Geofisika Potensial dan Tanda Waktu BMKG, Rahmat Triyono menyebutkan pihaknya melaksanakan Rukyat Hilal pada hari Ahad, 1 Mei 2021 oleh 34 tim di 31 lokasi yang tersebar di Indonesia, yaitu di:

Aceh Besar, Deli Serdang, Tapanuli Tengah, Padang, Bengkulu, Tanjung Pinang, Batam, Serang (3 tim), Pandeglang, Tangerang, Subang, Kebumen, Tegal, Yogyakarta, Malang, Badung, Mataram, Kupang, Waingapu, Alor, Balikpapan, Makassar (2 tim), Donggala, Manado, Kolaka, Gorontalo, Ternate, Ambon, Sorong, dan Jayapura (2 tim).

Sumberbangka pos
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm