Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dalam Leaders Insight, Senin (21/3/2022).
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dalam Leaders Insight, Senin (21/3/2022). ( KOMPAS.com)

Transaksi Kripto Tumbuh Pesat, BI Tekankan Pentingnya Mata Uang Digital Bank Sentral

26 April 2022 07:03 WIB

SonoraBangka.ID - Bank Indonesia (BI) menekankan pentingnya pembahasan mata uang digital bank sentral atau central bank digital currencies (CBDC) dalam gelaran Presidensi G20 Indonesia.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, urgensi pembahasan CDBC selaras dengan semakin pesatnya pertumbuhan volume dan nilai transaksi aset kripto secara global selama beberapa tahun terakhir.

"Tentu hal ini dapat memfasilitasi kebutuhan investasi alternatif. Tapi, terdapat risiko besar di situ," ujar dia, dalam peluncuruan G20 Techsprint Initiative 2022, Senin (25/4/2022).

Menurutnya, fenomena percepatan pertumbuhan transaksi aset digital memiliki risiko besar terhadap stabilitas sistem keuangan dan moneter global.

Selain itu, transaksi aset kripto secara global juga memiliki potensi munculnya praktik kejahatan lintas negara seperti pencucian uang dan pendanaan terorisme.

"Ada kekhawatiran yang berkembang tentang peningkatan dan percepatan perdagangan aset digital," katanya.

Oleh karenanya, Perry bilang, dalam gelaran G20 terdapat inisiatif untuk meningkatkan pengawasan dan kerangka pengaturan terhadap perkembangan aset digital saat ini, guna merespons kekhawatiran tersebut.

Pada saat bersamaan, bank sentral juga didorong melakukan pembahasan terkait pengembagnan CBDC, yang dapat dijadikan sebagai kebutuhan referensi untuk unit akun serta alat tukar digital.

"CBDC bisa menjadi sangat penting sebagai referensi stable coin. CBDC diterbitkan bank sentral dengan membawa kedaulatan mata uang digital," tutur Perry.

Secara garis besar, Perry bilang, dalam pengembangan CBDC bank sentral perlu memperhatikan tiga aspek utama, yakni desain konseptual, integrasi antara sistem pembayaran dan sektor keuangan, serta pemilihan teknologi.

Sementara itu, General Manager Bank for International Settlements (BIS) Agustin Carstens menyebutkan, terdapat keniscayaan CBDC memiliki banyak potensi untuk mendukung kepentingan publik di era uang digital.

"Kepercayaan masyarakat pada uang merupakan perekat sistem keuangan. Karena itu, seiring kemajuan teknologi, bank sentral harus memastikan bahwa sistem moneter secara fundamental tetap berlaku sebagai barang publik, termasuk harus menjaga stabilitasnya," ucap dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Transaksi Kripto Tumbuh Pesat, BI Tekankan Pentingnya Mata Uang Digital Bank Sentral", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2022/04/25/214500726/transaksi-kripto-tumbuh-pesat-bi-tekankan-pentingnya-mata-uang-digital-bank.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm