Penumpang tujuan Pelabuhan Tanjungpandan, Belitung, memasuki Kapal Cepat Express Bahari yang bersandar di Pelabuhan Pangkalbalam, Pangkalpinang, Jumat (29/4/2022) siang.
Penumpang tujuan Pelabuhan Tanjungpandan, Belitung, memasuki Kapal Cepat Express Bahari yang bersandar di Pelabuhan Pangkalbalam, Pangkalpinang, Jumat (29/4/2022) siang. ( Bangkapos.com/Cepi Marlianto )

Pelabuhan Pangkalbalam Diserbu Ratusan Pemudik hingga Alami Lonjakan 500 Persen

30 April 2022 13:41 WIB

SonoraBangka.id - Terdapat ratusan pemudik yang akan menyeberang memenuhi depan loket hingga ruang keberangkatan Pelabuhan Pangkalbalam, Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Jumat (29/4/2022) siang.

Sejak pukul 09.00 WIB sampai pukul 11.00 WIB, satu per satu pemudik sudah berada di lokasi. Puluhan mobil angkutan juga terlihat menurunkan beberapa calon penumpang.

Ratusan orang yang terdiri dari berbagai kalangan, mulai anak-anak, dewasa hingga lanjut usia (Lansia) bercampur baur di tempat itu. Satu per satu, para calon penumpang diperiksa dokumen kelengkapannya oleh petugas.

 

Tiket, sertifikat vaksinasi dosis ketiga sampai bukti tes usap Polymerace Chain Reaction (PCR) negatif bagi calon penumpang yang belum melakukan vaksinasi, turut diperiksa.

Lia (30), seorang penumpang kapal asal Kabupaten Bangka Tengah, mengaku senang dengan adanya kebijakan pemerintah yang kembali memperbolehkan masyarakat untuk mudik. Hal ini tentunya dapat menjadi obat rindu bagi perantau akan kampung halaman.

"Saya sangat bersyukur dengan adanya kebijakan mudik, ya setidaknya bisa jadi obat rindu keluarga," kata dia kepada Bangkapos.com.

Dia menyebut, tahun ini merupakan kali pertama dirinya mudik ke Pulau Belitung setelah sejak tahun 2020 lalu pemerintah memberlakukan kebijakan pelarangan mudik. Dengan adanya kebijakan mudik ini, dirinya sendiri telah mempersiapkan sejak jauh hari untuk dapat kembali pulang ke kampung halaman.

"Beli tiket sudah lama sekitar sebulan lalu, Alhamdulillah bisa mudik lagi ke Belitung. Tahun kemarin juga enggak mudik," sebut Lia.

Penumpang tujuan Pelabuhan Tanjungpandan, Belitung, memasuki Kapal Cepat Express Bahari yang bersandar di Pelabuhan Pangkalbalam, Pangkalpinang, Jumat (29/4/2022) siang.
Ratusan penumpang menunggu jadwal keberangkatan kapal tujuan Pelabuhan Tanjungpandan, Belitung, di Pelabuhan Pangkalbalam, Pangkalbalam, Jumat (29/4/2022) (Bangkapos.com/Cepi Marlianto)

Jumlah Penumpang Naik 500 Persen

 

Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pangkalbalam, mencatat adanya kenaikan jumlah penumpang pada mudik Lebaran 2022, dibandingkan dengan tahun 2020 dan 2021 saat pandemi Covid-19.

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm