Kepala Seksi Data dan Informasi, BMKG Depati Amir Pangkalpinang Kurniaji.
Kepala Seksi Data dan Informasi, BMKG Depati Amir Pangkalpinang Kurniaji. ( BANGKA POS)

Kerap Hujan di Wilayah Pesisir, BMKG Himbau Waspada Untuk yang Berwisata dan Memancing

8 Mei 2022 09:10 WIB

SONORABANGKA.ID - Beberapa hari belakangan ini pulau Bangka memang sering diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dengan durasi tertentu.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalpinang menyebutkan memang saat ini sedang dalam musim pancaroba yakni peralihan dari musim hujan ke musim kemarau.

Pada musim saat ini, saat hujan turun berpotensi angin kencang hingga berimbas juga di perairan laut.

Apalagi pada saat  lebaran, banyak dimanfaatkan masyatakat untuk wisata ke pantai.

Seksi Data dan Informasi BMKG PangkalpinangKurniaji menuturkan masyarakat yang melakukan aktivitas di sekitar laut baik itu berwisata atau memancing agar selalu waspada.

"Dari beberapa laporan sejak tadi pagi memang sudah mulai hujan ringan-sedang di beberapa wilayah pesisir. Dampak buruk tentu ada terutama untuk kesehatan dan keamanan masyarakat yang tetap beraktivitas di wilayah pantai ketika hujan masih berlangsung," kata Kurniaji pada Sabtu (7/5/2022).

Di membeberkan saat hujan berlangsung kondisi perairan pantai cenderung kurang bersahabat, arus yang cukup kencang, gelombang pinggir pantai yang cukup tinggi.

"Serta jarak pandang yang berkurang drastis akan cukup berbahaya bagi anak-anak yang berenang di pantai,"ucapnya.

Terkait dengan aktivitas di pantai ketika kondisi cuaca yang kurang bersahabat, BMKG Pangkalpinang menghimbau untuk mengedepankan pemahaman dan pengawasan.

"Paham dengan kondisi di sekitar lokasi baik topografi pantai, kondisi cuaca (baik real time maupun prospek cuaca ke depan) dan fasilitas pendukung pantai yang telah tersedia," ujarnya.

Lebih lanjut, dia menyebutkan pengawasan juga termasuk hal yang sangat penting untuk dilakukan terutama oleh para orang tua dan petugas penjaga pantai (jika ada).

"Jangan lengah ketika anak-anak sudah mulai beraktivitas, tetap awasi setiap aktifivas mereka secara bergantian dan seterusnya. Dengan 2 langkah ini insyaAllah kemungkinan kecelakaan di pantai akan dapat kita kurangi seminimal mungkin," tambahnya.

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Sering Hujan di Wilayah Pesisir, BMKG Ingatkan Waspada bagi yang Berwisata dan Memancing, https://bangka.tribunnews.com/2022/05/07/sering-hujan-di-wilayah-pesisir-bmkg-ingatkan-waspada-bagi-yang-berwisata-dan-memancing.

Sumberbangka pos
KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm