Satlantas Polres Bogor, Jawa Barat, menindak anggota Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi yang nekat melawan arah di pintu keluar Tol Ciawi atau jalur Puncak Bogor, Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (31/12/2021) sore(KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN)
Satlantas Polres Bogor, Jawa Barat, menindak anggota Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi yang nekat melawan arah di pintu keluar Tol Ciawi atau jalur Puncak Bogor, Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (31/12/2021) sore(KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN) ( kompas.com)

Viral Pria Mengaku Sebagai Anggota Polresta Bogor, Begini Cara Membedakan Polisi Asli dan Gadungan

14 Mei 2022 18:43 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Seorang pria yang mengaku sebagai anggota polisi satuan Polresta Bogor, Kota, Jawa Barat, baru-baru ini viral di media sosial.

Kejadian tersebut diunggah oleh akun Tiktok bernama @alfonsokenny. Dalam rekaman itu, terlihat pria tersebut bergaya bak anggota dengan jaket bertuliskan polisi di bagian belakang lengkap dengan sebuah HT.

Pria tersebut juga mengendarai sepeda motor jenis Nmax yang didesain mirip dengan kendaraan patroli.

Dari hasil pemeriksaan Satlantas Polres Bogor, pria yang diketahui berinisial HZ itu merupakan seorang mahasiswa.

“Iya benar, tadi ada satu orang yang kita amankan karena mengaku-ngaku sebagai anggota Polri. Kejadiannya tadi di Puncak,” kata Kasat Lantas Polres Bogor AKP Dicky Pranata, Kamis (12/5/2022).

Dicky mengatakan HZ sering memakai atribut mirip polisi untuk memberikan pengawalan. Sementara itu, polisi belum menemukan indikasi tersangka mengaku-aku sebagai polisi untuk menilang.

“Kami lihat tidak ada mengarah ke sana (penilangan), dari pengakuannya lebih kepada mengaku-aku polisi dan melakukan pengawalan. Sering dia itu melakukan pengawalan,” ucapnya.

Guna menghindari kejadian seperti ini, ada baiknya masyarakat paham bagaimana cara membedakan petugas kepolisian asli dan gadungan.

. Biasanya Tidak Sendiri

Pemerhati masalah transportasi yang juga merupakan mantan Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Budiyanto mengatakan, pada kegiatan resmi semisal razia, biasanya dipimpin oleh seorang perwira atau yang dituakan (tidak sendiri).

KOMENTAR
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm